Pesantren Musthafawiyah; Sejarah, Biaya dan Syarat Masuk

Pesantren Musthafawiyah; Sejarah, Biaya dan Syarat Masuk

Pondok Pesantren Musthafawiyah adalah salah satu pesantren yang berada di Desa Purba Baru, Lembah Sorik Merapi, Kabupaten Mandailing Natal. Pesantren ini juga merupakan pesantren tertua yang ada di pulau Sumatra dengan usia yang telah mencapai 1 abad dan telah sukses dalam mencetak banyak ulama di Indonesia.

Pesantren Musthafawiyah

Sekilas Tentang Pesantren Musthafawiyah

Pesantren Musthafawiyah atau yang lebih dikenal dengan Pesantren Purba Baru didirikan oleh Syeikh Musthafa bib Husein bin Umar Nasution Al Mandaily pada tahun 1912. Pesantren ini terletak di Kawasan Jl. Lintas Medan – Padang. Pada mulanya Pesantren Musthafawiyah didirikan di Desa Tanobato, namun karena dilanda banjir bandang yang terjadi pada tahun 1915, Pesantren Musthafawiyah dipindahkan oleh pendirinya ke Desa Purba Baru hingga sampai saat ini.

Jenjang Pendidikan Ponpes Musthafawiyah

Sistem pendidikan yang ada di Pesantren Musthafawiyah menerapkan sistem pendidikan klasik dengan berbagai tingkatan seperti berikut ini.

  • Tingkat Tajhijiyah
  • Tingkat Ibtidaiyah
  • Tingkat Tsanawiyah
  • Tingkat Aliyah

Kurikulum Pesantren 

Sejak tahun 1985 hingga saat ini, Pesantren Musthafawiyah menerapkan pengajaran 80 % untuk pelajaran Agama Islam serta 20% pelajaran umum. Yang mana untuk pelajaran Agama terdiri dari Tafsir, Hadits, Fiqih, Tauhid, Tarikh Islam, Sejarah Kebudayaan Islam, Nahwu, Sharaf, Bahasa Arab, Faraidh, Akhlaq, Manthiq, Ilmu Falaq, Ilmu Bayan dan Ilmu Balaghah. Sedangkan untuk pelajaran umum sama seperti pelajaran pada sekolah formal pada umumnya.

Biaya Masuk Pesantren Musthafawiyah

Belum diketahui secara pasti biaya masuk di Pesantren Musthafawiyah. Namun melansir dari halaman Facebooknya untuk mendaftar di Pesantren Musthafawiyah, setiap calon santri wajib untuk melakukan pembayaran pendaftaran sebesar Rp 350.000 serta membayar uang SPP untuk 2 bulan sebesar Rp 150.000.

Untuk informasi pendaftaran siswa baru Pesantren Musthafawiyah Purba Baru tingkat MTs dapat menghubungi Ust Irfan S.Pd 0857 6263 8545, sedangkan untuk tingkat MA dapat menghubungi Ust. Ramlan 0852 7530 9490.

Syarat Daftar Pesantren Musthafawiyah

  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Melampirkan NISN
  • Fotocopy kartu Ujian Nasional
  • Fotocopy Ijazah
  • Fotocopy KK dan KTP orang tua
  • Melakukan pembayaran uang pendaftaran
  • Bersedia mematuhi peraturan dan ketentuan Yayasan Pesantren Musthafawiyah Purba Baru

Demikian artikel mengenai lembaga pendidikan Pesantren Musthafawiyah Purba Baru yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat.

Share

Belum ada Komentar untuk "Pesantren Musthafawiyah; Sejarah, Biaya dan Syarat Masuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel