Pesantren Darussalam: Sejarah, Kurikulum dan Biaya

Pesantren Darussalam: Sejarah, Kurikulum dan Biaya

 Pondok Pesantren Darussalam merupakan salah satu nama pesantren yang banyak di jumpai diberbagai daerah di Indonesia. Salah satunya yang ada Garut, tepatnya di Jl. Bandung-Tasikmalaya KM 60 Desa Sindangsari Kersamanah, Cibatu, Garut.

Pondok Pesantren Darussalam seperti pesantren cipasung ini merupakan salah satu pesantren salafiyah yang masih eksis yang ada di Jawa Barat. Pesantren ini menjadi salah satu lembaga pendidikan yang cukup terjangkau dalam hal biaya pendidikannya.

Pesantren Darussalam

Sejarah Pesantren Darussalam

Sejarah cikal bakal Pesantren Darussalam bermula pada tahun 1915. Mulanya pesantren ini didirikan oleh H. Ahmad dan kemudian dikelola oleh putra beliau yaitu KH. Ishaq Asy’ari. Pesantren berkembang pesat hingga pada 1954 pesantren mengalami masa vakum akibat gangguan keamanan.

Di tahun 1969, KH. Abdul Mu’thy (putra sulung KH. Ishaq Asy’ari) mendirikan kembali pesantren yaitu Madrasah Diniyyah. Namun ketika beliau bertemu dengan pendiri pesantren Gontor di Jakarta, beliau bercita cita ingin mempunyai pesantren seperti Gontor dimuai dengan menyekolahkan putra putranya agar kelak menjadi kader pesantren.

Dan pada tahun 1972, KH. Ahmad Ghozali Mu’thie mulailah didirikan pondok pesantren Darussalam atas restu pimpinan pesantren Gontor yaitu KH. Imam Zarkasyi. Kemudian di tahun 1978 mulai didirikan tingkat Tsanawiyyah dan tingkat Tarbiyatul Mu’alimin Al’Islamiyyah di tahun 1986.

Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren Darussalam

Jenjang Pendidikan di Pesantren ini terbagi menjadi tiga tingkatan, yakni SD/MI dengan masa belajar 6 tahun, SMP/MTs 4 tahun dan juga tingkat TMI atau setara SMA.

Hal Yang Dipelajari Di Ponpes Darussalam

Program pendidikan yang di terapkan di pesantren ini berdasarkan kurikulum SPM (Satuan Pendidikan Mu’adalah) yang terdiri dari bidang ke-Islaman, Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan juga umum.

Peryaratan Daftar di Pesantren Darussalam

Pendaftaran pesantren Darussalam dapat dilakukan dengan du acara, yakni secara offline dengan mendatangi kantor panitia beserta dokumen persyaratan dan juga melalui online dengan tahapan sebagai berikut:

  • Melakukan pendaftaran online pada darussalamgarut.or.id dan melengkapi syarat yang diminta
  • Membayar biaya pendaftaran
  • Mengisi formulir pernyataan diatas materai
  • Mengikuti tes lisan dan Kesehatan
  • Membayar admministrasi uang masuk dan iuran bulanan bagi yang lulus dengan menyertakan dokumen pas photo 2x3 3 lembar, fotocopy KK, fotocopu akta kelahiran dan fotocopy ijazah terakhir.

Biaya Pendidikan Pesantren Modern Darussalam

Biaya pendidikan di pesantren Darussalam 2020/2021 meliputi biaya masuk sebesar Rp 4.850.000 dan juga iuran bulanan Rp 650.000. Biaya masuk tersebut meliputi uang pendaftaran Rp 200.000, meja kursi, sumbangan asrama, khutbatul ‘Arsy, listrik, kertas, organisasi, Kesehatan, sewa lemari, sewa Kasur, seragam olahraga dan bulettin.  Biaya masuk ini merupakan biaya pendidikan untuk satu semester.

Share

Belum ada Komentar untuk "Pesantren Darussalam: Sejarah, Kurikulum dan Biaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel