Pesantren Cipasung: Sejarah, Biaya dan Syarat Masuk

Pesantren Cipasung: Sejarah, Biaya dan Syarat Masuk

 Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang bisa dipilih bagi orang tua siswa yang ingin menyekolahkan anaknya dengan bekal ilmu agama dan juga ilmu umum. Saat ini terdapat banyak pesantren yang dapat menjadi pilihan, salah satunya adalah Pesantren Cipasung dekat dengan miftahul huda yang ada di Tasikmalaya.

Sejarah Pesantren Cipasung

Pondok Pesantren Cipasung berlokasi di Desa Cipakat, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. Pesantren yang didirikan oleh KH. Ruhiat ini telah berdiri cukup lama karena telah berdiri sejak tahun 1931 silam. Pesantren Cipasung juga merupakan salah satu pesantren yang mempunyai ciri khas Salafy (mendalami kitab kuning) selain menjalankan program pendidikan formal.

Pesantren Cipasung

Jenjang pendidikan Pondok Pesantren Cipasung

Pondok Pesantren Cipasung melaksanakan pendidikan formal yang sangat lengkap mulai dari jenjang PAUD, TK Islam, Madrasah Diniyah, MI, MTs, SMP Islam, SMA Islam, SMK Islam, MAN, SMK Kes. KH Ilyas Ruhiyat dan juga perguruan tinggi IAIC, STTC, STIEC dan Pascasarjana IAIC.

Kurikulum Ponpes Cipasung

Di Pesantren Cipasung, setiap santri tidak hanya akan mendapatkan pembelajaran tentang agama Islam dan kitab kuning saja, melainkan juga pengetahuan umum pada lembaga pendidikan yang di selenggarakannya, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga universitas.

Seperti Pondok Pesantren pada umumnya, Pesantren Cipasung juga mewajibkan untuk mondok atau menginap di asrama bagi para santrinya. Dengan memiliki 19 unit asrama yang terbagi menjadi 2 kategori yaitu asrama putra dan asrama putri.

Biaya Masuk Pesantren Cipasung

Untuk tahun akademik 2021/2022, Pesantren Cipasung telah membuka pendaftaran untuk santri dan juga siswa yang ingin menimba ilmu di pesantren ini. Untuk biaya pendaftaran masuk di Pesantren Cipasung adalah sebagai berikut:

  • PAUD Rp 230.000
  • MTs Rp 720.000
  • SMA Rp 1.450.000
  • IAIC Reguler Rp 2.500.000
  • IAIC Karyawan Rp 3.000.000

Syarat Daftar Pesantren Salafy Cipasung

Selanjutnya kemudian yang harus diketahui adalah tentang syarat ketentuan yang perlu disiapkan sebelum melakukan proses pendaftaran. Mendaftarkan santri disini tentu harus memenuhi beberapa persyaratan khusus terlebih dahulu. Berikut adalah Beberapa syarat yang penting untuk diketahui:

  1. Mengisi formulir pendaftaran
  2. Fotocopy Ijazah
  3. Fotocopy Akte Kelahiran
  4. Nomor Induk Siswa Nasional
  5. Fotocopy Kartu Keluarga
  6. Pas Photo 3x4 4 Lembar

Untuk informasi lebih lengkap seputar kegiatan belajar serta biaya pendidikan di Pesantren Cipasung dapat diakses melalui situs web cipasung.com atau dengan mendatangi secretariat Pondok Pesantren Cipasung di Jl. K.H Ruhiat, Cipakat, Kecamatan Singaparna, Tasikmalaya dan juga melalui telepon 0265-545832.

Share

Belum ada Komentar untuk "Pesantren Cipasung: Sejarah, Biaya dan Syarat Masuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel