Pesantren Al Zaytun: Sejarah, Jenjang dan Biaya

Pesantren Al Zaytun: Sejarah, Jenjang dan Biaya

 Pondok Pesantren Al Zaytun merupakan salah satu pesantren yang didirikan pada tahun 1998 oleh Yayasan Pesantren Indonesia, dan secara resmi atas izin dari presiden Indonesia ke 3 BJ Habibie. Moto pesantren ini yaitu Pusat Pendidikan, Pengembangan, Budaya, Toleransi dan Pedamaian.

Sekilas Tentang Pesantren Al Zaytun

Pesantren Al Zaytun atau Ma’had Al-Zaytun merupakan sebuah pesantren yang berada di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pesantren ini mulai didirikan pada tahun 1996 oleh Yayasan Pesantren Indonesia (YPI).

Pesantren Al Zaytun

Pada tanggal 1 Juli 1999, pesantren Al Zaytun mulai dibuka pelaksanaan pembelajaran dan secara umum diresmikan pada 27 Agustus 1999 oleh Bapak B.J Habibie selaku presiden Indonesia yang ke-3. Pesantren ini dipimpin oleh Syaykh Dr (H.C) Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang yang merupakan alumni pesantren Gontor.

Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren Al Zaytun

Jenjang pendidikan yang ada di pesantren Al Zaytun sama dengan pesantren latansa yakni terbagi menjadi dua tingkatan, yaitu tingkat MI atau SD dan juga tingkat MTs atau SMP.

Kurikulum Ponpes Al Zaytun

Pesantren Al Zaytun menerapkan sistem pendidikan terpadu dengan skema pendidikan One Pipe Education System. Yaitu mengkombinasikan antara ilmu Agama, teknologi, pertanian, olahraga dan lainnya. Dengan spirit pesantren yang berdasar pada nilai kemandirian dan juga gotong agar menjadi pribadi mandiri serta mampu mengembangkan ilmunya.

Biaya Masuk Pesantren Al Zaytun

Setelah mendaftar secara online melalui situs resmi pesantren Al Zaytun, maka setiap calon santri diwajibkan untuk melakukan pembayaran daftar tahap satu sebesar Rp 1.000.000 untuk tingkat SD/MI dan Rp 1.500.000 untuk tingkat SMP/MTs. Selanjutnya untuk biaya pendidikan di pesantren Al Zaytun terdiri dari:

Jenjang Pendidikan MI

  • Uang bulanan Rp 500.000 (Rp 3.000.000 untuk satu semester)
  • Uang listrik Rp 25.000 (Rp 300.000 per tahun)
  • Uang asrama Rp 250.000
  • Uang perlengkapan kamar santri Rp 400.000

Jenjang Pendidikan MTs

Uang bulanan sebesar Rp 800.000 dan dibayarkan di awal semester sebesar Rp 4.800.000 atau dapat langsung dalam satu tahun penuh Rp 9.000.000

Seluruh pembayaran biaya pendidikan tersebut dibayarkan melalui rekening Yayasan Pondok Pesantren Al Zaytun yang tertera di web resminya al-zaytun.sch.id.

Share

Belum ada Komentar untuk "Pesantren Al Zaytun: Sejarah, Jenjang dan Biaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel