Produk Fintech Syariah Paling Banyak Ditawarkan

Produk Fintech Syariah Paling Banyak Ditawarkan

 


Setiap perusahaan keuangan baik konvensional atau digital tentu memiliki produk. Demikian juga dengan perusahaan aplikasi keuangan digital atau biasa disebut dengan aplikasi finansial teknologi (fintech). Tentunya akan selalu ada produk yang kemudian ditawarkan untuk para pelanggan atau konsumen nya sekaligus juga nasabahnya. Juga untuk sistem Syariah, ada beberapa pilihan Produk fintech syariah yang kemudian selama ini banyak ditawarkan.

Produk keuangan fintech syariah tentu memiliki beberapa perbedaan dengan produk yang ditawarkan oleh sistem konvensional. Perbedaan terletak pada beberapa hal Salah satu diantaranya jenis penamaan dan juga sistem yang digunakan. Hal yang paling utama dari sistem Syariah ini sebetulnya adalah menghindari Apa yang disebut dengan riba gharar dan maysir.

Daftar Pilihan Produk Fintech Syariah

Ada beberapa pilihan Produk fintech syariah yang selama ini sering ditawarkan oleh beberapa aplikasi fintech Syariah. Keberadaan dari aplikasi fintech yang mengusung sistem atau metode Syariah juga sebetulnya sudah cukup banyak bisa tidak ditemukan. Dengan demikian tentu ini akan memudahkan untuk Anda yang memang mencari pilihan aplikasi fintech berbasis Syariah tersebut.

Akan tetapi tentunya banyak diantaranya apalagi mungkin yang masih awan belum tahu beberapa pilihan produk apa saja yang ditawarkan. Beberapa pilihan produk yang ditawarkan ini Tentunya memiliki beberapa sistem dan juga aturan yang berbeda dengan konvensional. Apa saja beberapa produk yang dimaksud?

1. Pendanaan

Produk yang pertama adalah berhubungan dengan pendanaan. Fintech Syariah memiliki beberapa produk yang berhubungan dengan pendanaan tersebut. Tentunya produk yang ditawarkan ini menggunakan skema dan sistem syariah secara khas dan khusus. Tidaknya ada dua pilihan skema pendanaan Syariah untuk jenis pendanaan di antaranya:

a. Mudharabah

Apa itu mudharabah? Mudharabah adalah pemberian modal kepada masyarakat untuk kebutuhan usaha. Pendanaan ini biasanya diberikan sebagai salah satu modal usaha produktif di berbagai bidang mulai dari UMKM dengan beragam jenis usahanya. Akan tetapi tentu harus memperhatikan kehalalan dari usaha itu sendiri.

Skema yang digunakan dalam pembiayaan ini adalah mudharabah. Dalam hal ini hal yang paling penting dan utama adalah adanya skema bagi hasil. Atau dalam bahasa Inggris sering disebut dengan profit and loss sharing.

b. Musyarakah

Musyarakah adalah adalah salah satu skema pembiayaan dalam hukum syariah. Fintech menjadi salah satu pihak yang berperan sebetulnya untuk mempertemukan antara pemilik modal dengan pihak yang membutuhkan modal. Biasanya nanti akan dihubungkan antara pihak pemodal dan misalnya petani atau peternak yang akan mengembangkan modal tersebut.

Sementara itu di dalam pembiayaan yang satu ini, akad yang kemudian digunakan adalah akan akan syirkah. Angkat tersebut jadi salah satu akan yang penting untuk dilakukan untuk kemudian diambil kesepakatan antara kedua belah pihak.

2. Pembiayaan

Produk yang kedua sebetulnya berhubungan dengan pembiayaan. Aplikasi fintech Syariah hadir juga sebagai salah satu lembaga yang memberikan kemudahan untuk masyarakat melakukan pembiayaan atau pembelian sesuatu. Di dalam produk pembiayaan ini sebetulnya ada beberapa pilihan jenis akad yang digunakan atau produk yang ditawarkan.

Sebelum anda mengajukan untuk pembiayaan tertentu, akan lebih baik memang untuk bisa mengetahui beberapa jenis pembiayaan yang dimaksud diantaranya:

a. Murabahah

Murabahah adalah salah satu jenis pembiayaan yang hampir mirip dengan skema kredit. Hanya saja di dalam hal ini sistem yang digunakan berbeda. Pihak yang akan mengajukan kredit akan mengajukan kepada pihak aplikasi tentang harga produk yang dijual atau yang akan dibeli. Nanti pihak ap aplikasi akan menyetujui Margin yang ditentukan.

Lalu setelah itu pihak yang mau mengkredit akan mencicil dalam jangka waktu tertentu. Hal ini akan disesuaikan dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.

b. Ijarah multijasa

produk ini juga merupakan salah satu yang ditawarkan oleh beberapa fintech Syariah. Biasanya pembiayaan yang satu ini berhubungan erat dengan beberapa kebutuhan misalnya biaya pendidikan, perjalanan umroh ataupun juga mungkin biaya kesehatan atau rumah sakit.

Itulah sebetulnya beberapa pilihan produk fintech syariah yang selama ini paling banyak ditawarkan dan disajikan. Pelajari dengan detail skema dan aturannya sebelum Anda memilih untuk mengajukan salah satu pilihan.

Share

Belum ada Komentar untuk "Produk Fintech Syariah Paling Banyak Ditawarkan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel