Perbedaan KPR BTN Syariah dan Konvensional

Perbedaan KPR BTN Syariah dan Konvensional

 Ada banyak sekali pilihan bank yang memiliki dualisme sistem. Contohnya misalnya Bank BTN, anda akan bisa memilih antara Bank BTN konvensional dengan bank BTN Syariah. Misalnya dalam pengajuan kredit rumah, anda bisa pilih antara yang syariah dan konvensional. Tapi sebelumnya Apakah anda tahu perbedaan KPR BTN Syariah dengan yang konvensional itu?




Sepertinya banyak yang masih belum paham dan belum mengetahui perbedaan antara kedua pilihan tersebut. Oleh karenanya sebelum anda mengajukan pinjaman di bank tersebut, penting untuk mengetahui perbedaan antara ke-2 sistem yang digunakan. Sebetulnya memang sistem yang digunakan itu tidak beda jauh antara Bank BTN dengan bank lainnya.

Beberapa Perbedaan KPR BTN Syariah vs Konvensional

Buat yang masih pemula penting untuk mengetahui perbedaan KPR BTN Syariah dengan konvensional. Hal itu agar kemudian nanti anda memiliki alasan yang logis dan pertimbangan yang matang untuk memilih salah satu pilihan kpr-nya.

Sebetulnya dari beberapa sumber yang ada bisa diketahui bahwa ada perbedaan yang menonjol antara kedua pilihan sistem kredit rumah melalui ke dua pilihan bangun itu. Adapun secara umum letak dari perbedaannya ada pada:

1. Landasan sistem yang digunakan

Perbedaan pertama ada pada landasan sistem yang digunakan. Dari ke-2 jenis sistem disini tentu sudah jelas bahwa ada kontras perbedaan yang cukup menonjol. Anda harus bisa bedakan antara keduanya:

  • Sistem KPR BTN Syariah = menggunakan prinsip jual beli Syariah akad murabahah
  • Sistem KPR BTN konvensional; menggunakan sistem bunga

Jadi Perbedaannya sangat jelas bahwa di dalam BTN Syariah itu dikenal sistem akad murabahah yang sama sekali jauh atau bebas dari bunga atau riba.

2. Skema Angsuran

Kemudian perbedaan selanjutnya ada pada skema angsuran. Kalau dalam kPR bank syariah itu uang buka dan cicilannya biasanya lebih tinggi karena tidak mengikuti acuan BI rate. Sementara didalam konvensional itu masih menggunakan acuan BI rate sehingga uang muka bisa lebih rendah disetorkan.

3. Sanksi keterlambatan

Dalam BTN konvensional biasanya jika anda mengalami keterlambatan maka harus akan dikenakan sanksi. Sementara itu dalam bTN syariah tidak ada yang namanya atau tidak ada yang dikenal dengan istilah sanksi ataupun denda.

Jadi itulah beberapa perbedaan mencolok antara perbedaan KPR BTN Syariah versus konvensional. Jadi silakan Anda Tentukan manakah sebetulnya yang akan Anda pilih untuk kemudian Anda juga.

Share

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan KPR BTN Syariah dan Konvensional "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel