Allah Naikkan Level Rezekimu, Maka Tingkatkanlah Sedekahmu!

Allah Naikkan Level Rezekimu, Maka Tingkatkanlah Sedekahmu!

Apa yang biasa Sebagian besar orang lakukan jika level rezekinya atau keuangan yang naik? Secara umum kita bisa melihat bahwa ketika keuangan seseorang naik, hal yang pertama ditingkatkan biasanya adalah level kehidupan. Untuk menunjukkan bahwa dia orang kaya, maka dia beli apapun yang diinginkan mulai dari rumah, mobil, motor, dalam beberapa hal kebutuhan 'tersier' lainnya.

Apakah itu tidak boleh?

Tidak boleh, akan tetapi hal pertama dan paling penting untuk kita lakukan jika Allah menaikan level rezeki kita adalah sebaiknya dimana kita juga meningkatkan level dari sedekah dan rasa syukur yang sebesar-besarnya. Sedekah adalah bukti rasa syukur atas rezeki yang kita dapatkan dari Allah subhanahu wa ta'ala.

Kenapa harus sedekah?

Sedekah adalah salah satu keharusan dan kewajiban yang dianjurkan dalam Alquran dan hadis. Itu juga dicontohkan oleh nabi kita yakni Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Ada beberapa alasan kenapa kita harus melakukan sedekah dari harta yang kita miliki. Beberapa alasan nya adalah sebagai berikut:

1) Dalam harta kita ada hak orang lain (fakir miskin / orang membutuhkan)

Islam memang menjadi salah satu agama yang tidak mengabaikan sesama. Islam adalah agama yang harus saling mempedulikan antara satu dengan yang lainnya. Salah satu diantaranya adalah adanya konsep "dalam harta kita ada hak orang lain". Hal itu sesuai dengan ayat berikut:

“Dan Pada Harta-Harta Mereka Ada Hak Untuk Orang Miskin Yang Meminta Dan Orang Miskin Yang Tidak Mendapat Bagian.” (Adz-Dzariat : 19)

Dari ayat tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa Islam memang menggiurkan dan mewajibkan umatnya untuk memelihara sesama khususnya orang miskin dan dhuafa. Islam yang rahmatan lil alamin dan mengedepankan konsep saling menolong dan saling membantu.

2) Harta adalah titipan yang harus dikelola sesuai Syariah

Manusia tidak mempunyai apa-apa, harta atau rezeki yang didapatkan titipan dari Allah untuk dikelola sebaik-baiknya sesuai dengan syariat Islam. Hal itu karena harta yang kita miliki akan dihisab nanti di alam akhirat. Maka dari itu dengan tegas disebutkan dalam salah satu ayat Alquran:
“Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak, dan tidak menafkahkannya di jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.” (QS. At-Taubah: 34)

3) Semakin kita bersedekah, maka rezeki semakin bertambah

Sedekah merupakan salah satu bentuk rasa syukur yang paling baik dalam ajaran Islam. Kita diharuskan untuk mengedepankan sedekah setelah kita mendapatkan rezeki yang besar dan melimpah. Bahkan dalam kondisi kekurangan sekalipun, sedekah bisa jadi salah satu magnet untuk mendapatkan rezeki yang lebih besar. Hal itu sesuai dengan janji Allah dalam surat:

“Sesungguh­nya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat)" (Surat Ibrahim ayat 7)
Dari ayat tersebut, kita bisa tahu bahwa rezeki yang kita sedekahkan akan Pasti dibalas oleh Allah subhanahu wa ta'ala sesuai janjinya.

Siapa yang harus diberi sedekah?

Kemudian menjadi pertanyaan adalah siapa yang harus kita berikan sedekah tersebut. Ada banyak Golongan atau ada banyak orang yang tentunya bisa kita berikan sedekah. Tapi tentunya Siapa yang harus kita kedepankan atau lebih dahulu kan?

Dalam hal ini banyak pandangan yang memang dari keterangan berbeda-beda. Banyak ahli ulama yang memiliki pandangan berbeda akan Siapa yang harus diberikan sedekah lebih dulu. Tapi ada baiknya kita mengadakan kan orang-orang di sekitar kita misalnya keluarga, orang tua, kerabat dan lainnya.

Keluarga seperti istri dan anak tentu menjadi pihak yang pertama harus kita penuhi terlebih dahulu kebutuhannya. Menafkahi mereka adalah salah satu kewajiban yang harus kita penuhi dengan baik sebelum memberikan sedekah kepada orang lain.

Kalaupun kita memberikan sedekah ke orang lain, kita juga harus memilih untuk memberikan sedekah kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Jenis sedekah yang diberikan juga haruslah yang memang bisa berguna.

Disamping itu juga kita harus pastikan bahwa kita bisa memberikan sedekah dengan cara yang jelas. Meskipun Allah pasti membalas setiap apa yang kita berikan dan sedekahkan meski tanpa ikhlas, tapi ikhlas akan menjadi nilai lebih yang kemudian jadi nilai pahala juga bagi kita.

Semoga kita senantiasa untuk mengimbangi setiap kenaikan level rezeki yang diberikan Allah dengan meningkatkan level sedekah kita kepada orang-orang sekitar kita dan orang membutuhkan.

Share

Belum ada Komentar untuk "Allah Naikkan Level Rezekimu, Maka Tingkatkanlah Sedekahmu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel