Kredit Motor Syariah, Solusi Tanpa Riba

Kredit Motor Syariah, Solusi Tanpa Riba

Di era sekarang sepertinya istilah kredit dari salah satu yang memang sangat booming populer. Orang apa-apa untuk beli sesuatu atau memberikan sesuatu paling mudah biasanya dilakukan dengan cara kredit. Padahal dalam Islam Kredit adalah salah satu hal yang dilarang atau tidak sesuai dengan ketentuan Syariah. Salah satu diantaranya misal kredit motor, banyak sekali leasing atau lembaga yang memberikan pembelian motor secara kredit. Tapi tahu nggak sih kalau kamu bisa lakukan kredit motor syariah?

Ya kalau memang ada yang cari apalagi buat kamu yang muslim, lebih baik pilih yang Carilah karena dengan begitu lebih aman dan saya juga terhindar dari riba. Membeli secara syariat tentu bisa jadi salah satu pilihan cara yang tepat bagi para kaum muslim agar tidak terjebak dengan bunga atau riba. Tapi yang jadi pertanyaan adalah seperti apa skema kredit motor secara Syariah itu Dan Dimana kita bisa melakukannya?

Apa maksud kredit motor syariah?

Kredit motor syariah adalah upaya kepemilikan kendaraan bermotor dengan sistem kredit namun menggunakan aturan Syariah. Dalam syariah ada aturan khusus yang mengatur tentang kepemilikan sesuatu barang termasuk juga dengan skema pembiayaan yang menyerupai sistem kredit. Akan tetapi yang paling menonjol disini dikedepankan adalah dari segi akad dimana akad nya menggunakan akad jual beli.

Akad yang digunakan dalam kredit motor syariah

Kemudian penting juga untuk bisa mengetahui tentang akan seperti apa yang biasanya digunakan. Dalam pembiayaan syariah atau pembelian atau kredit motor dan kendaraan mobil dengan sistem Syariah, biasanya ada beberapa jenis akad yang digunakan. Akan tetapi secara umum biasanya ada dua jenis akad yakni:
  1. Akad jual beli (murabahah)
  2. Akad sewa dengan perubahan kepemilikan (ijarah wa istina)

Aku doakan itulah yang selama ini banyak digunakan dalam pembelian kendaraan secara Syariah. Anda bisa coba untuk ke gunakan salah satunya dan silakan konsultasikan terlebih dahulu.

Lembaga yang memberikan produk kredit motor syariah

Saat ini untuk bisa mencari pilihan lembaga yang memberikan produk kredit saya sangatlah mudah. Ada banyak sekali pilihan lembaga keuangan baik bank ataupun non bank yang kini sudah banyak menyasar pangsa pasar Syariah. Hal itu tentu didasarkan pada tingginya permintaan dari masyarakat untuk kepemilikan motor dengan skema kredit yang Syariah friendly.

Tapi yang mungkin jadi pertanyaan adalah tentang lembaga apa saja sih yang memang memberikan kemudahan tersebut? Dalam kesempatan ini akan dijelaskan bahwa ada beberapa pilihan lembaga keuangan yang menawarkan skema pembiayaan syariah untuk kepemilikan motor diantaranya:

1) Bank syariah

Pertama kita bisa mengajukan pinjaman atau kepemilikan kredit motor secara Syariah di bank syariah. Sebetulnya hampir semua bank syariah juga menawarkan produk layanan pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor tersebut. Misalnya di Bank Mandiri ada pembiayaan BSM Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PKB), bNI oto Syariah dan beberapa bank lainnya. Hanya saja memang ada beberapa perbedaan dari beberapa hal mulai dari tenor dan lain sebagainya.

Mekanisme kredit motor di bank syariah
Sebelum kemudian ada coba mengajukan pinjaman kredit Syariah untuk pembelian motor di bank syariah, pertama harus diketahui terlebih dahulu tentang skema atau pun juga mekanisme yang harus dilewati. Ada berapa pilihan mekanisme penting yang harus dipahami diantaranya:
  1. Memiliki penghasilan yang cukup sesuai dengan batas minimum ataupun juga biasanya memenuhi syarat merupakan pegawai kantor ataupun PNS.
  2. Memiliki sifat amanah untuk melakukan pembayaran cicilan secara konsisten dari waktu ke waktu sesuai dengan waktu yang ditentukan.
  3. Mempersiapkan beberapa berkas yang memang harus disiapkan mulai dari fotokopi KTP, foto keluarga, slip gaji dan lain sebagainya.

2) Leasing Syariah

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk melakukan proses kredit kendaraan bermotor dengan sistem syariah adalah leasing Syariah. Ini sudah banyak sebetulnya pilihan leasing yang hijrah ke dalam pasar syariah. Sistem yang digunakan juga sudah sangat sesuai dengan apa yang ada didalamnya hukum syariah. Banyak sekali pilihan leasing syariah yang tersedia dan bisa dipilih.

3) Fintech Syariah

Kemudian cara selanjutnya adalah Dimana anda bisa mengajukan pinjaman ke intech lending Syariah. Ada juga beberapa pilihan fintech lending yang memungkinkan anda untuk bisa mengajukan pembiayaan untuk kebutuhan pembelian kendaraan bermotor. Namun harus berhati-hati mencari pilihan yang memang benar-benar menerapkan sistem Syariah.

Nah itulah sebetulnya beberapa cara dan juga pilihan lembaga yang menawarkan kredit motor syariah. Bagi Anda yang saat ini memang belum punya motor atau mau ganti motor tapi dengan skema kredit, sebaiknya Anda coba cari beberapa lembaga keuangan yang memberikan pembiayaan secara Syariah. Semoga bermanfaat..

Share

Belum ada Komentar untuk "Kredit Motor Syariah, Solusi Tanpa Riba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel