Pinjaman Syariah Online dari Bank dan Fintech

Pinjaman Syariah Online dari Bank dan Fintech


Kali ini saya akan membahas pinjaman syariah online yang baik ditawarkan oleh lembaga keuangan atau fintech. Saat ini pinjaman online menjadi salah satu trend baru dalam dunia keuangan. Ya, ini menjadi salah satu petanda adanya shifting dari conventional economy to digital economy, dari bank konvensional ke digital bank.

Ada dua kegiatan lembaga keuangan sebagaimana diketahui yakni 'collecting money' dan 'distributing money' sebagaimana perannya. Dalam bahasa indonesia dapat diartikan bahwa tugas mengumpulkan uang dan mendistribusikan uang kepada masyarakat menjadi tugas dari lembaga keuangan tersebut baik bank maupun non bank.

Nah berbicara tentang distribusi uang biasanya dilakukan melalui lending atau kredit yang mana ditawarkan kepada masyarakat yang membutuhkan dana. Hanya saja selama ini sistem yang digunakan paling lumrah adalah menggunakan sistem bunga. Sementara itu bagi muslim, bunga adalah sesuatu hal yang dilarang, maka dari itu solusinya muncul sistem syariah yakni bagi hasil /profit and lost sharing.

Konvensional dan Syariah Kini Go Online
Setelah kemunculan era disrupsi digital economy, kemudian mau gak mau lembaga keuangan ini baik bank atau non bank ‘dipaksa’ harus menyesuaikan. Maka kemudian terjadilah shifting dari konvensional ke online. bahkan kemudian adanya digital ini memberikan ruang baru untuk kemunculan lembaga keuangan berbasis online yang disebut ‘fintech’. Fintech ini bersaing dengan bank dan fintech satu langkah lebih maju karena menggunakan media online.

Namun kalau dilihat dari segi sistem yang digunakan dalam digital bank atau fintech ini, sama –sama ada yang menggunakan dual system yakni ada yang syariah dan ada juga yang konvensional. Dengan begitu, maka masyarakat juga akan ada pilihan apakah akan memilih yang konvensional atau syariah. Ya, ini penting khususnya dalam penyaluran kredit atau lending kepada masyarakat.

Beragam Penawaran Pinjaman Syariah Online
Nah sesuai judul, dalam tulisan ini akan dibahas tentang beragam penawaran lending atau pinjaman yang memang menggunakan sistem syariah. Sebetulnya kini sudah mulai banyak baik digital bank atau fintech yang menawarkan pinjaman syariah online. dengan begitu muslim bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman yang dimaksud tersebut. pengajuan dilakukan secara online, demikian juga dengan credit scoring dan lainnya. Nah untuk itu dalam kesempatan kali ini akan dibahas beberapa jenis pinjaman yang dimaksud.

1. Pinjaman Online Syariah dari Bank

Kini sudah ada beberapa bank yang berani memberikan dan melakukan inovasi untuk memberikan pinjaman secara online. ya, meski memang jumlahnya sangat terbatas dibanding dengan fintech yang makin menjamur. Nah apa anda tahu bank apa saja yang menggunakan sistem syariah dan menawarkan pengajuannya secara online itu?

BSM Implan
Ini adalah salah satu program pembiayaan online yang ditawarkan oleh bank syariah mandiri atau biasa disebut (BSM). Program ini ditawarkan khusus untuk karyawan sebuah perusahaan yang ingin mengajukan pembiayaan baik kelompok atau massal. Pembiayaan ini menggunakan Wakalah wal Murabahah untuk pembelian barang atau Wakalah wal Ijarah untuk manfaat dan jasa.
  • Syarat pengajuan dilakukan oleh perusahaan
  • Minimal peserta yang diajukan 10 orang
  • Limit KTA (Kredit Tanpa Agunan) adalah 50 juta dan 100 juta untuk PNS
  • Pengajuan bisa dilakukan disini

Pembiayaan Al Salaam Syariah (PAS) dari BPRS Al Salaam
Pembiayaan online syariah selanjutnya ditawarkan oleh BPRS Al Salaam. Hanya saja memang besaran dana yang ditawarkan sangat kecil yakni hanya sekitar 15 juta saja. namun meski demikian tenor yang diberikan cukup lama yakni bisa mencapai 5 tahun atau 60 kali cicilan. Namun memang sebelum pengajuan anda harus tahu bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya sebagai berikut:
  • WNI
  • Berpenghasilan tetap
  • Berdomisili di sekitar bank
  • Punya jaminan surat tanah
  • Rekening koran
  • Akta nikah, dll


Nah untuk pengajuan bisa langsung di situs web dari BPRS Al Salaam tersebut yakni disini

Pembiayaan Griya BSM
Bagi anda yang memang mau minjam duit untuk beli rumah baik baru atau bekas, maka disini bank syariah mandiri juga menawarkan produk pinjaman yang disebut griya bsm. Ini adalah pembiayaan dengan skema syariah dengan menggunakan sistem murabahah. Syaratnya juga sangat mudah sekali yakni:

  • WNI
  • Usia 21-55 tahun
  • KTP/KK / surat nikah /NPWP
  • Slip gaji
  • Rek listrik
  • Surat pernyataan

Selain pembiayaan diatas, di BSM juga ada beberapa pembiayaan yang sudah bisa diajukan secara online seperti pembiayaan kendaraan bermotor, pembiayaan kepada pensiunan, dll.

2. Pinjaman Online Syariah dari Fintech

Nah selanjutnya kita bahas tentang pembiayaan syariah online yang ditawarkan oleh fintech. Nah sebetulnya ada banyak sekali pembiayaan fintech dibanding dengan bank untuk pembiayaan secara online itu. namun bedanya pembiayaan online ini lebih kecil besarannya dibanding dengan bank. Kenapa? Karena yang online itu biasanya didominasi oleh pembiayaan  tanpa agunan atau kredit tanpa agunan (KTA). Nah lalu di mana saja sebetulnya penawaran lending online yang berbasis syariah di fintech itu? banyak, diantaranya adalah sebagai berikut

SyarQ
Ini adalah salah satu startup yang memberikan tawaran lending atau kredit dengan menggunakan sistem syariah. Memang hampir mirip dengan kredivo, namun memang skema dan sistemnya disini menggunakan sistem syariah. Nah untuk tahu apa syaratnya, anda bisa coba hubungi langsung pihak syarq dengan mengunjungi situsnya di syarq.com.

Investree Syariah
Kemudian fintech selanjutnya yang menawarkan pembiayaan dengan sistem syariah adalah investree. Disini sebetulnya sistemnya yang digunakan ada dua jenis yakni dual system ada yang menggunakan sistem syariah dan juga ada yang menggunakan sistem konvensional biasa. Kalau mau pilih, anda bisa pilih yang syariah dan pengajuannya via web atau aplikasi di investree.id/syariah.

Nah itulah beberapa penjelasan tentang pinjaman syariah online yang bisa saya jelaskan. Semoga saja kedepannya akan ada banyak lagi yang syariah.

Share

Belum ada Komentar untuk "Pinjaman Syariah Online dari Bank dan Fintech "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel