Contoh Bank Pemerintah Milik Negara (BUMN)

Contoh Bank Pemerintah Milik Negara (BUMN)


Setiap negara biasanya memiliki bank khusus yang dimiliki oleh pemerintah. Nah termasuk juga di indonesia, ada beberapa bank yang berada dibawah naungan pemerintah. Biasanya orang –orang menyebutnya dengan nama bank plat merah. Namun apakah anda tahu apa saja contoh bank pemerintah tersebut? Bagi anda yang sudah lama hidup di indonesia ini, sepertinya sudah tahu  bank apa saja yang masuk dalam kategori plat merah itu.

Akan tetapi meski begitu sepertinya masih banyak juga yang belum tahu bank apa saja yang milik pemerintah tersebut. kalau memang anda sebagian diantaranya belum tahu, ada baiknya memang cari tahu. Mengetahui contoh bank milik negara ini sangat bagus dan penting sekali agar kita memiliki kesadaran dan kebanggaan atas bank milik pemerintah itu. prioritaskan juga  untuk menggunakan bank pemerintah agar kemudian keuntungan yang didapatnya nanti bisa digunakan untuk kebutuhan pemerintahan dan kita sendiri yang  mendapatkan impact-nya.

Daftar Contoh Bank Pemerintah yang Harus Anda Ketahui
Nah dalam kesempatan kali ini, saya mau share beberapa informasi perihal daftar bank miliki negara tersebut. Biasanya bank-bank tersebut ada dibawah naungan Badan Usaha Milik Negara atau biasa disebut BUMN. Nah pengelolaan dan tanggung jawab semua bank itu ada dibawah kendali pemerintah sebetulnya. apa saja bank bank yang dimaksud, langsung saja simak beberapa nama contoh bank pemerintah tersebut adalah sebagai berikut;

1.       Bank Mandiri
2.       Bank Negara Indonesia (BNI)     
3.       Bank Rakyat Indonesia (BRI)      
4.       Bank Tabungan Negara (BTN)

Ya, jadi saat ini bank milik pemerintah itu ada 4 bank. Keempat bank tersebut menjadi bank besar yang pengelolaannya cukup baik. Banyak juga beberapa proyek strategis pemerintah yang penyaluran dananya menggunakan bank pemerintah tersebut. dengan begitu diharapkan ada perkembangan yang signifikan terhadap bank-bank milik pemerintah.

Kritik Terhadap Contoh Bank Milik Negara
Nah dalam hal ini, saya mau memberikan kritik terhadap keberadaan bank pemerintah atau BUMN ini. kritik seperti apa? Nah selama penelusuran dan mengikuti beberapa perjalannya, ada beberapa hal yang bisa menjadi catatan. Nah catatan ini diharapkan bisa memberikan perbaikan ke pihak perbankan milik pemerintah itu. beberapa kritik diantaranya adalah sebagai berikut;

·         Baiknya bank –bank itu digabung untuk mengalahkan bank swasta yang besar
·         Inovasi dari bank-bank bumn itu terbilang masih lamban khususnya dalam mengikuti perkembangan digital
·         Perbankan bumn ini sering jadi penampungan komisaris relawan tim sukses pilpres politik padahal belum tentu mereka punya skill mumpuni. Baiknya jangan seperti itu..

Nah itulah beberapa penjelasan  tentang contoh bank pemerintah atau milik negara sekaligus juga beberapa kritik tertentu yang saya sampaikan. Semuanya diharapkan bisa  membuat bank-bank itu makin maju dan mengalahkan bank swasta apalagi bank asing.

Share

Belum ada Komentar untuk "Contoh Bank Pemerintah Milik Negara (BUMN)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel