Budaya Kerja Syariah untuk Perusahaan dan Korporasi

Budaya Kerja Syariah untuk Perusahaan dan Korporasi


Jika mau menerapkan sistem syariah, maka sebaiknya hal itu dilakukan secara integral atau secara menyeluruh. Misalnya dalam bisnis atau perusahaan, anda jangan hanya memikirkan cara dan produk yang bernilai syariah yang digunakan, akan tetapi budaya kerja syariah untuk perusahaan juga perlu untuk diadopsi dengan baik. Kenapa? Agar setiap yang dilakukan oleh perusahaan memang berpacu dan berdasar pada nilai nilai syariah.

Namun yang jadi masalah adalah apakah anda semua paham seperti apa sih budaya perusahaan syariah itu? Nah untuk menjawabnya, maka kita perlu cari beberapa sumber yang memang benar-benar bisa dipercaya dalam menjelaskan itu semua. Kita butuh pencerahan dari ahli di bidang syariah bisnis. Nah maka dari itu disini saya akan coba kutipkan salah satu sumber yang memang menyatakan bahwa budaya kerja syariah itu punya patokan dan ukuran khusus.

5 Budaya Kerja Syariah yang Harus Dipegang Teguh Perusahaan

Nah kali ini saya ingin sampaikan bahwa sebetulnya ada lima budaya kerja syariah yang memang diambil dari dasar hukum umat islam atau syariah. Nah apakah anda sudah tahu apa saja prinsip prinsip yang dimaksud tersebut? Jika anda memang sama sekali belum mengetahui dan memahaminya, maka anda bisa coba untuk simak beberapa bagian budaya kerja yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1.       Fathonah – Pada bagian pertama kita bicara tentang fathonah, what’s that? Fathonah artinya adalah cerdas mengerti, memahami dan kreatif dalam bertindak dan berpikir. Dalam hal ini, SDI atau sumber daya insani dalam perusahaan haruslah cakap yakni seorang yang mua terus belajar dengan bijaksana.

2.       Amanah – kemudian hal yang selanjutnya harus ketahui bahwa budaya kerja dalam sebuah perusahaan syariah itu haruslah amanah. Apa itu amanah? Amanah artinya adalah terpercaya atau bisa dipercaya. Trust ini adalah personal branding seseorang yang sudah dicontohkan oleh rosul.

3.       Tabligh – Kemudian selanjutnya SDI perusahaan berbasis syariah haruslah bisa tabligh atau dalam bahasa kerennya harus bisa komunikatif. Orang yang supel dan lancar dalam komunikasi biasanya akan memiliki kemudahan dalam bergaul dan dalam usaha, ini akan mudah mencari konsumen / klien.

4.       Shiddiq – Ini adalah sikap selanjutnya yang harus dibudayakan dengan baik dalam kehidupan bisnis dalam suatu perusahaan ataupun juga korporasi. Shidiq ini artinya jujur dan ini harus dijaga sebagai nama baik. Jika kejujuran ini sudah ternodai, maka akan rusak semuanya.

5.       Istiqomah – konsistensi atau istiqomah menjadi bagian penting lain yang harus bisa dijaga dengan baik. Setiap SDI dalam sebuah perusahaan haruslah bersungguh-sungguh dalam bekerja untuk mengembangkan sebuah perusahaan atau bisnis agar maju.

Setidaknya itulah beberapa budaya kerja syariah yang harus dipegang erat dengan baik dan benar agar benar-benar bisa menjalankan sebuah bisnis sesuai dengan aturan syariah yang ada dan tertulis dalam pedoman agama.

Share

Belum ada Komentar untuk "Budaya Kerja Syariah untuk Perusahaan dan Korporasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel