Asuransi Syariah Dibedakan Menjadi

Asuransi Syariah Dibedakan Menjadi


Apakah anda dengar istilah asuransi syariah? Memang asuransi satu ini masih dibilang baru dalam dunia asuransi. Asuransi syariah dibedakan menjadi beberapa jenis dan perbedaan didasarkan pada beberapa hal. Nah mungkin banyak diantaranya yang memang belum tahu dan belum paham tentang perbedaan yang dimaksud. Pemahaman akan perbedaan ini memang menjadi sangat penting sekali untuk diperhatikan sebelum anda yakin untuk memilih asuransi jenis ini.

Nah untuk membantu anda memahami dengan baik  tentang pembahasan asuransi syariah, maka dalam hal ini akan dijelaskan beberapa hal yang ada. kalau begitu, maka kemudian anda akan mendapatkan beberapa penjelasan yang ada. dalam hal ini, anda bisa memahami penjelasan tentang perbedaan yang dimaksud sebagai berikut:

Berdasarkan Jenisnya, asuransi syariah dibedakan menjadi dua jenis
Nah jika anda lihat dari jenis-jenis yang dimaksud asuransi syariah itu, maka kemudian anda akan menemukan beberapa perbedaan jenis. Setidaknya memang ada dua jenis dari asuransi yang dimaksud, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Asuransi Jiwa – Asuransi jiwa atau biasa juga disebut dengan life insurance adalah jenis asuransi  yang memang memberikan penanggulangan pada pihak tertentu. Hal itu dikaitkan dengan biaya dan beban hidup orang-orang yang dipertanggungkan.

2. Asuransi Umum – kemudian asuransi syariah juga dibedakan ada jenis asuransi syariah umum.ini adalah jenis penanggungan atas kehilangan manfaat dan tanggung jawab atas tiga pihak ketiga tersebut. ada beberapa jenis dari asuransi umum itu diantaranya adalah sebagai berikut:
·         Asuransi berjangka
·         Asuransi seumur hidup
·         Asuransi dwiguna

Berdasarkan Akad, asuransi syariah dibedakan menjadi dua jenis
Kemudian hal yang harus anda ketahui juga bahwa asuransi syariah bisa dibedakan berdasarkan akad. Nah jika dibedkaan berdasarkan akad, maka ada dua jenis yang memang selama ini biasa digunakan. Justru akad inilah sebetulnya yang membedakan asuransi syariah dengan asuransi secara umum. Apa jenis akad dari asuransi syariah yang dimaksud tersebut? Keduanya adalah sebagai berikut:

1. Akad Tabarru
Akad pertama yang digunakan adalah jenis akad tabarru. Apa itu? secara bahasa artinya adalah bersedekah sedangkan dalam artian khusus lebih jauh bisa dianggap sebagai suatu kebaikan yang tak bersyarat. Sementara jika dijelaskan menurut istilah, ini artinya adalah mengerahkan segala upaya untuk bisa memberikan bantuan harta atau manfaat kepada orang lain tanpa kompensasi dengan tujuan kebaikan.

2. Akad Tijari
Sementara itu akad selanjutnya adalah akad tijari. Akad ini dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan ketika memang syarat dan rukunnya terpenuhi. Dalam hal  ini tujuannya sebetulnya kebalikan dari tabarru yakni untuk kepentingan komersial. Nah jadi  nantinya biasanya dana asuransi yang dikumpulkan akan diinvestasikan untuk sesuatu yang memungkinkan adanya return. 

Nah demikian sebetulnya beberapa penjelasan penting tentang asuransi syariah dibedakan menjadi beberapa jenis diatas. semoga bermanfaat..

Share

Belum ada Komentar untuk "Asuransi Syariah Dibedakan Menjadi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel