Sedekah Digital Pake QR Code dengan T-cash dan Go-Pay

Sedekah Digital Pake QR Code dengan T-cash dan Go-Pay

Perkembangan fintech di indonesia sudah sangat massive sekali. Syukurnya, bukan hanya menyentuh ranah-ranah bisnis kafitalis saja akan tetapi juga sudah menyentuh ranah sosial dan agama. Banyak fintech yang diarahkan dan digunakan untuk kebutuhan ummat dan kesejahteraan sosial, salah satunya medisrupsi hal berhubungan dengan sedekah..

Beberapa tahun lalu, sedekah digital sudah diterapkan di beberapa negara besar di dunia salah satunya adalah China. Disana, semua sudah serba digital apalagi yang berhubungan dengan financial, bahkan pengemispun sudah menggunakan mata uang digital tidak lagi uang cash.

Nah di indonesia, sedekah digital ternyata sudah berjalan juga. Hal ini berkat adanya perusahaan fintech yang mengeluarkan fitur khusus yang bisa memudahkan siapa saja untuk melakukan sedekah dengan cara yang tak biasa. Ya, sedekah di era sekarang sudah bisa dilakukan dengan cara scan QR Code.

Apa itu QR Code?
Yam sebelumnya mungkin perlu dijelaskan apa itu QR Code karena mungkin banyak yang belum tahu dan belum paham. Atau banyak juga diantaranya yang sudah sering dengar namun gak tahu apa maksud dan arti dari istilah tersebut.

QR Code adalah sebuah kode yang tersimpan dalam sebuah kode khusus. Kode tersebut biasa disebut dengan kode batang. Kode  itu sudah terstandarisasi secara internasional dan telah mendapatkan sertifikasi khusus yakni ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510.

Penggunaan QR ini sebetulnya alamat dan URL, nomor telepon, teks, sms, dan nomor telepon, pin bb, dan kini bisa digunakan dalam bertransaksi financial atau keuangan.

Trend Penggunaan QR Code dalam Dunia Fintech
Seperti disebutkan diatas bahwa QR code bisa digunakan untuk kebutuhan keuangan khususnya transaksi. Beberapa negara sudah menerapkan itu sejak lama dan indonesia baru menggeliat dan baru muncul, mungkin kedepan akan bisa benar-benar booming.

Trend ini diprediksi akan terus meningkat dan berkembang, meningat ada  banyak perusahaan fintech yang bermunculan di indonesia. Kedepan perkembangan teknologi akan lebih massive ditambah ada dukungan dari pemerintah untuk bisa mengurangi penggunaan uang cash atau biasa disebut cashless. 

Upaya Mendukung Program Cashless Society
Ada program dari pemerintah yakni cashless society yakni membangun masyarakat yang benar-benar cashless. Semua itu sekarang sudah mudai dirasakan. Ya, kita tak perlu punya uang cash untuk bisa beli sesuatu karena bisa gunakan iBanking, dan lainnya.

Nah kini muncul lagi  QR code yang lebih memudahkan sekali. Bahkan kedepan bayar jajanan pinggir jalan juga gak harus keluarkan uang cash, cukup  scan qr code saja. ini menjadi salah satu sinyal menuju terciptanya masyarakat cashless.

Program Sedekah dengan QR Code
Setelah coba ikuti perkembangannya, ternyata ada dua perusahaan yang sudah menggagas adanya sedekah dengan menggunakan QR Code. Hanya saja disini sedekahnya resmi atau diberikan secara resmi ke lembaga tertentu, bukan ke pengemis di pinggir jalan. Mungkin kedepan bisa saja mengarah kesana.

Dalam perkembangannya baru-baru ini, ada dua perusahaan financial yang mengeluarkan program tersebut yakni t-cash dan juga go-pay. Keduanya bekerjasama dengan lembaga zakat yang ada di indonesia.

1. Program Dompet digital TCash
Program pertama ditawarkan oleh t-Cash. Sebagaimana diketahui bahwa t-Cash ini adalah anak perusahaan dari Telkomsel yang katanya  sudah mendapatkan sertifikasi penggunaan QR-Code pertama di indonesia.

Kerjasama t-Cash ini dilakukan dengan lembaga Rumah Zakat. Kerjasama dilakukan mengingat bahwa selama ini transaksi online hingga mencapai 70%. Adapun proses donasinya nanti, kita hanya perlu memindai QR code yang ada di kotak amal infak masjid dan kemudian mengisi besaran donasi yang akan diberikan.

Ada beragam kegiatan yang bisa ditawarkan diantaranya adalah infaq, qurban, zakat, beasiswa, program insidental kemanusiaan, bantuan siaga bencana dan lainnya. Sampai saat ini, setidaknya ada 1500 titik.

2. Program Sedekah Non-tunai Go-pay
Kemudian perusahaan fintech selanjutnya yang merilis sedekah dengan menggunakan scan qr code adalah Go-Pay. Bagian dari usaha gojek ini merilis program sedekan non tunai bekerja sama dengan Baznas.

Sedekah ini bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan aplikasi gojek. Prosenya sangat mudah yakni tinggal cari poster QR code bertanda khusus sedekah go-pay, lalu kita hanya perlu buka aplikasi gojek dan kemudian scan QR code tersebut.


Bagi anda yang mau sedekah dengan aplikasi ini, anda tak ada batasan nominal sehingga bebas berapapun anda mau sedekah.

Nah dua perusahaan fintech di atas memang bisa dikatakan yang terbaru di indonesia. Semoga kedepan lebih banyak lagi sehingga memudahkan bukan hanya bertransaksi bisnis namun juga transaksi untuk zakat, sedekah dan lainnya.

Share

Belum ada Komentar untuk "Sedekah Digital Pake QR Code dengan T-cash dan Go-Pay"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel