5 Faktor Pendorong Tumbuhnya Digital Banking

5 Faktor Pendorong Tumbuhnya Digital Banking

Teknologi informasi memang sudah masuk ke segala bidang  bahkan menjadi suatu hal yang tak dapat dipisahkan dan dielakan keberadaannya. Ya, termasuk  juga dalam dunia perbankan yang saat ini sudah mengarah ke  arah digital banking.

Teknologi informasi dari dulu memang sudah sangat berperan penting dalam  membantu berjalannya operasional bank. Lalu seiring dengan berkembangnya jaman, peran IT ini semakin dinamis dan menyempurnakan beberapa hal yang sebelumnya masih dianggap kurang.  

Pada awalnya TI ini hanya sebagai perangkat untuk membantu kinerja operasional saja, namun kemudian sekarang ini bisa menjadi salah satu bagian utama bank yang membantu layanan bank kepada para nasabahnya. 

Perkembangan TI dalam bank muncul saat adanya ATM atau anjungan tunai mandiri. Yang memiliki fungsi utama sebagai penarian uang tunai. Kemudian ditambah dengan beberapa fasilitas transaksi lainnya. Lalu setelah itu munculah layanan self service dengan menggunakan komputer dengan bantuan internet atau biasanya disebut iBanking. 

iBanking juga kemudian mengalami perubahan menjadi mobile banking yang kemudian bisa memudahkan para nasabah untuk mengakses dengan hanya mengandalkan handphone saja. ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. 

Nah kemudian meningkatkan mobile banking  chanel ini, selanjutnya berdampak ke penurunan jumlah pengguna di ATM atau kantor bank. Orang pergi ke ATM hanya saat mau ambil uang saja, dan datang ke bank saat ada masalah pada rekening saja. Akhirnya bank pikir dua kali jika harus buka cabang karena sekarang era-nya branchless. 

Dari fakta tersebut, kita menemukan adanya perbuahan pola perilaku nasabah atau konsumen dalam menggunakan jasa perbankan. Maka dari itu, ada perubahan juga yang dilakukan oleh lembaga keuangan untuk berubah ke arah digital banking. 

Hal yang Mendorong Berkembangnya Digital Banking
Nah dari latar belakang diatas, kemudian bisa diketahui  bahwa ada beberapa hal yang kemudian menjadi pendorong meningkatnya pertumbuhan digital banking di indonesia.  Pihak bank mau tak mau harus ikut berkompetisi dalam dunia digital banking ini. Apa saja faktor pendorongya? Berikut beberapa diantaranya:

1. Perkembangan teknologi informasi yang pesat; 
Dengan adanya perkembangan dunia teknologi informasi yang  massive ini, kemudian mau tak mau semua pihak termasuk lembaga keuangan harus bisa menyesuaikan. Kenapa? Karena teknologi tersebut diciptakan untuk memudahakn segala hal yang ada dalam aktivitas manusia. Manusia tentu ingin yang mudah dan praktis dan jika ada  bank yang tawarkan itu, maka dia akan memilihnya. Sebaliknya jika bank masih menggunakan cara dan sistem lama,  maka lama kelamaan akan ditinggalkan. 

2. Kebutuhan masyarakat terhadap layanan yang efektif, efisien,
Nah kemudian kini masyarakat mobilitasnya sangat  tinggi. Mereka enggan ngantri di kantor bank untuk mengurus sesuatu. Jika mereka mengurus itu dengan harus datang ke bank,  tentu akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Biasanya yang mereka inginkan itu adalah kemudahan dalam akses dari manapun dan kapanpun, bahkan bisa dilakukan dengan komprehensif, serta mudah;

3. Perubahan gaya hidup masyarakat 
Dengan berkembangnya teknologi informasi yang pesat dan massive ini, kemudian ada perubahan pola dan gaya hidup masyarakat. Seperti dijelaskan sebelumnya, misalnya; karena  ada dan bisa menggunakan layanan transfer dengan menggunakan ibanking atau mobile banking, kenapa juga harus datang ke  bank atau  ATM. 

4. Kompetisi industri perbankan 
Jika memang perbankan  tidak melakukan beragam upaya tertentu untuk mengimbangi disrupsi teknologi ini, maka perbankan akan ditinggalkan oleh para nasabahnya.  Maka mau tak mau mereka harus berusaha sebisa mungkin untuk mengikuti perkembangan dalam memberikan layanan sesuai dengan yang diinginkan masyarakat; 

5. Operasional yang efisien dan terintegrasi di Perbankan.
Perbankan juga butuh yang namanya sistem terintegrasi dan efesien dalam menjalankan operasional perbankan. Dengan begitu, maka kemudian semua nasabah tak harus terpaku dengan jam kerja bank untuk bisa melakukan beragam transaksi tertentu

Nah apa yang disebutkan diatas adalah faktor pendorong tumbuh suburnya dunia perbankan Bukan hanya yang terjadi di indonesia sebetulnya, namun juga yang selama ini terjadi di dunia. 

Share

Belum ada Komentar untuk "5 Faktor Pendorong Tumbuhnya Digital Banking "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel