WakafHasanah, Layanan Wakaf Digital dari BNI Syariah

WakafHasanah, Layanan Wakaf Digital dari BNI Syariah

Kali ini, saya mau share perkembangan digital banking / digital finance di indonesia khususnya berbasis syariah. Ya, perkembangan dunia digital di indonesia memang sudah mulai diadaptasi dan coba dikembangkan oleh banyak lembaga strategis termasuk juga bank.

Bank memang salah satu pihak yang terdisrupsi dengan kemunculan era digital ini. Maka dari itu, pilihannya  adalah 'berubah' /change atau 'mati' / dead. Mau tak mau kalau mau tetap survive, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan coba berubah mengikuti perkembangan jaman. 

BNI Coba Struggle di Fintech
Sebagai lembaga keuangan Bank BNI tentu sudah melihat akan adanya perkembangan fintech ini. Bahkan suatu kemestian untuk masuk ke dunia tersebut. Saat ini banyak bermunculan perusahaan startup fintech yang bergerak dalam beragam  hal sebetulnya seperti crowdfunding, lending, dan lainnya.  

Nah kali ini, saya sedikit salut pada BNI khususnya melalui BNI Syariah. Ya, mereka mengeluarkan sebuah produk fintech yang diberi nama 'Wakaf Hasanah'. Sebetulnya ini inovasi yang cukup keren saya pikir. Kenapa? Ya, karena selama ini jarang bank yang membuat fintech dengan bidang khusus. Selama ini fintech banyak digarap oleh  non bank. 

BNI syariah berani mengeluarkan program atau produk fintech yang tentunya wakaf hasanah ini masuk dalam kategori crowdfunding dan non-profit juga. Selama ini biasanya bank harus kerjasama dengan fintech yang sudah ada, namun disini BNI syariah berani bangun sendiri. 

Apa itu Wakaf Hasanah?
Wakaf hasanah adalah layanan digital yang ditawarkan oleh bank BNI Syariah. Produk ini dalam bentuk aplikasi yang bisa anda download dalam smartphone. Adapun basisnya yakni android dan lainnya. 

Ada banyak landasan yang membuat produk digital ini dibuat dimulai dari landasan al-qur'an dan hadis, hukum negara, dan lain sebagainya. Ini dibentuk sebagai salah satu bentuk kontribusi bank  terhadap sosial dan ummat muslim khususnya. 

Cara Kerja WakafHasanah
Kemudian cara kerja wakaf ini memang disesuaikan dengan aturan syariah yang ada. Selain  itu pihak BNI syariah juga bekerjasama dengan beberapa nazhir atau pengelola wakaf untuk menyalurkan dan menjalankan program dana yang terkumpul untuk wakaf tersebut. 

Dalam aplikasi  tersebut ada progres atau projek pendanaan yang dibuat berdasarkan kebutuhan nazhir,  lalu kemudian kita sebagai pemberi wakaf bisa menyumbang  dana berapapun untuk  menjalankan  dan meng-goalkan projek itu. 

Sekilas ini  mirip dengan beberapa startup lain yang membidangi beberapa bidang seperti fishby  untuk  perikanan,  kemudian ada crowde untuk pertanian dan banyak  lagi yang lainnya. Namun memang ini hanya fokus pada wakaf saja. 

Performance Wakaf Hasanah Sampai Saat ini
Lalu pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah tentang bagaimana sebetulnya performance dari  wakaf hasanah itu sampai saat ini. Diketahui bahwa ada beberapa poin penting  yang  menunjukan kinerja dari produk digital BNI syariah itu. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut: 

1.Dana tersalurkan mencapai 6 Miliar lebih
2.Total wakif atau pemberi wakaf  berjumlah 6,395 orang
3.Total nazhir atau pengelola wakaf mencapai  18 lembaga

Nah bagi anda atau kita semua yang mau melakukan wakaf  di wakafhasanah ini, maka  bisa mulai dengan mendownload aplikasinya. Setelah itu barulah kemudian kita lihat beberaia campaign pembiayaan wakaf  yang dibutuhkan. Setelah menemukan yang cocok, barulah kemudian bisa mulai melakukan wakaf di wakafhasanah bank syariah itu. Sementara untuk mendapatkan detail informasi lainnya, kita bisa kunjungi situs wakafhasanah.bnisyariah.co.id. Disana tersedia lengkap informasinya..
Share

Belum ada Komentar untuk "WakafHasanah, Layanan Wakaf Digital dari BNI Syariah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel