Apa Itu Digital Banking? Coba Simak Disini!

Apa Itu Digital Banking? Coba Simak Disini!

Tahu apa itu bank? Ya, bank secara tradisional sering  diungkapkan sebagai salah satu lembaga yang mengelola keuangan. Paling umum bank sering disebut sebagai tempat simpan pinjam dan transaksi deposit serta withdraw, nabung dan narik uang. Hanya itu..

Namun kemudian setelah  perkembangan zaman, bank ini punya peran yang lebih  banyak dan luas.  Tidak hanya sekedar tempat menyimpan dan mengambil uang, tapi menjadi sebuah  lembaga yang memudahkan para nasabahnya untuk melakukan transaksi. Kini belanja sudah bisa dengan mudah dilakukan secara digital menggunakan produk iBanking dari bank tertentu. 

Conventional Bank ke Digital Banking
Sebagaimana diketahui bahwa selama ini  kegiatan  operasional perbankan dilakukan secara fisik.  Orang -orang harus datang  ke kantor  bank baik cabang, KCP atau lainnya  untuk  bisa menabung atau menarik dana.

Selanjutnya ada teknologi ATM masuk sehingga kemudian bisa memudahkan nasabah  bagi  yang mau narik  uang dengan datang ke ATM saja tanpa  harus ke bank. Di bank hanya dilakukan proses menabung dan transaksi lainnya.

Selanjutnya datang teknologi iBanking dimana  segala bentuk transaksi bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan jaringan internet. Bahkan kini iBanking itu sudah mengarah pada  mobile banking  yang kemudian memudahkan siapa saja melakukan transaksi banking dimana saja dan kapan saja hanya di smartphone saja.

Jadi, Digital Banking Adalah...
Nah digital banking adalah yang terjadi saat ini. Tapi apa  itu  pengertian digital banking  yang sesungguhnya? Untuk mengetahui secara detail, kita perlu simak  bahwa digital banking berasal dari dua suku kata  yakni 'digital' dan  'banking'. Digital adalah sistem komputer yang terhubung ke internet. Sedangkan banking adalah aktivitas keuangan yang berada dibawah naungan bank.

So, digital banking adalah aktivitas perbankang yang berpindah ke online dimana segala hal sudah bisa dilakukan dengan praktis menggunakan jaringan internet. Ini sebetulnya sebuah keadaan disrupsi dari jaringan internet yang  kemudian mengharuskan adanya perpindahan dari aktivitas  banking  fisik ke online.

Digital banking adalah aktivitas perbankang yang berpindah ke online dimana segala hal sudah bisa dilakukan dengan praktis menggunakan jaringan internet #SyariahX
 
Digital Branch
Karena atau akibat adanya penerapan  digital banking  ini, kemudian akan melahirkan apa  yang disebut dengan  digital branch. Ini sebetulnya sebagai salah satu bagian dari dampak disrupsi teknologi informasi yang  mengharuskan  lembaga keuangan bank menerapkan konsep branchless. 


Tak perlu lagi membuka  kantor cabang apalagi selama ini diketahui bahwa biaya yang harus  dikeluarkan  untuk membuka kantor cabang  itu bukan hal yang murah. Bahkan bisa dikatakan sangat mahal dibanding buka  dalam versi digital.


Bank Everywhere
Kini konsep bank everywhere bisa kita  temukan dengan sangat mudah sekali. Ya,  semua aktivitas perbankan kini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis sekali. Kita bisa melakukan transaksi atau hanya pengecekan saldo dengan hanya menggunakan mobile  banking, iBanking dan lainnya.

Bahkn untuk melakukan penyetoran uang juga kini sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah sekali  karena banyak gerai ataupun bisa dilakukan dengan menggunakan ATM. Proses transaksi bisa  dilakukan dengan full time  tanpa  harus menunggu buka jam  kerja.

Cashless Society
Pada akhirnya perkembangan digital banking ini  akan mendukung program cashless society. Apa itu?  cashless society adalah dimana masyarakat  tidak lagi  menggunakan  uang  cash lagi melainkan menggunakan uang digital yang tak berwujud.

Jelas ini akan sangat efektif untuk negara karena  tak perlu mengeluarkan dana untuk pembuatan uang yang biayanya memang cukup mahal juga. Kini semua transaksi sudah mulai mudah dilakukan bahkan cukup  scan qr code saja.

Nah itulah beberapa penjelasan yang bisa dipahami dengan baik tentang  apa yang dimaksud dengan apa itu digital banking. Semoga beberpaa penjelasan mengenai pengertian tersebut bisa bermanfaat untuk anda semua.

Share

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Digital Banking? Coba Simak Disini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel