Alami, Agregator & Marketplace Keuangan Syariah untuk UMKM

Alami, Agregator & Marketplace Keuangan Syariah untuk UMKM

Back again, yaw kali ini saya akan kembali mereview startup syariah lain yang memang cukup berpengaruh. Nah yang akan saya bahas kali ini adalah alami sharia / syariah atau alami fintech. Ini adalah salah satu fintech syariah yang berani memberikan pinjaman syariah untuk para pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

Selama ini memang pihak SMEs atau UMKM ini banyak dipinggirkan oleh pemerintah atau lembaga keuangan perbankan. Dengan begitu mereka mengalami kesulitan untuk bisa mendapatkan akses dana. Inklusi keuanganpun kemudian menjadi sangat terbatas sekali, maka dengan demikian dibutuhkan usaha untuk mengatasinya dan kehadiran fintech ini benar-benar sangat membantu.

Alami adalah salah satu diantara banyak startup yang membantu mendobrak itu semua. Fintech ini memungkinkan untuk peningkatan inklusi keuangan lebih tinggi dimana unbanked bisa dijamah dan jadi target kemudahan penyaluran dana dan pembiayaan. Namun sebelum lebih jauh, baiknya kita simak apa dan seperti epa keunggulan dari startup alam ini.?

Apa itu Alami Sharia?
Alami sharia atau syariah adalah startup teknologi yang berfokus pada financial technology (fintech). Adapun peran dari alami ini adalah sebagai agregator sekaligus juga medium marketplace yang menghubungkan antara institusi perbankan dengan para calon peminjam (borrower). Adapun yang jadi fokus utama perbankan adalah bank syariah, sedangkan borrowernya adalah berasal dari small medium enterprise (SMEs) atau Usaha kecil dan menengah (UMKM). 

Alami menyediakan platform khusus yang kemudian bisa diakses oleh para muslim atau non muslim untuk mengajikan pembiayaan terhadap perbankan. Ini memang sangat bagus karena tak terikat oleh swasta atau perorangan yang menjadi pemberi pinjaman. Selama ini jika perorangan yang memberikan pinjaman lebih terlihat dan terkesan sebagai rentenir. 

Kelebihan Alami Syariah?
Lalu kemudian yang jadi pertanyaan lain adalah tentang apa sih sebetulnya kelebihan yang dimiliki oleh startup alami ini? Yang jelas ada banyak sekali keuntungan yang diberikan apalagi tujuannya adalah untuk menjangkau muslim atau syariah sector agar supaya bisa memberikan dampak bantuan kesejahteraan mereka. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Quick Aplication Process (Proses Aplikasi yang Cepat)
Keuntungan besar pertama adalah bahwa proses pengajuan aplikasi bisa berjalan dengan sangat cepat sekali. Ya, tawaran dari fintech tentu untuk kecepatan berbeda dengan cara konvensional yang butuh survey dan syarat rigit serta ribet lainnya yang biasanya diharuskan untuk dilaksakan. Berbeda dengan sistem fintech yang biasanya mendisrupsi hal tersebut. 

2.Pararel Akses to Multiple Institution
Kelebihan lain adalah bahwa anda sebagai calon boroower hanya perlu mengaplly saja. setelah itu semua prosesnya akan diserahkan kepada pihak alami sharia untuk memilih manakah bank yang cocok untuk dipilih untuk pembiayaan sesuai dengan  yang diajukan oleh borrower. 

3. Competitive Pricing
Kemudian ada banyak pilihan harga yang bisa dipilih dan ditawarkan dari banyak bank yang dipilih. Cara ini sangat bagus dan tepat sekali sebetulnya untuk anda bisa memilih yang memang sesuai dengan apa yang anda butuhkan sebetulnya. 

Dengan penjelasan diatas, diharapkan kita semua bisa tahu bahwa ada banyak alternatif pilihan untuk pembiayaan. Terutama buat muslim, yang sekarang sudah tak ketinggalan jaman bahwa ada pemberi pinjaman dalam bentuk fintech yang bisa dipilih sehingga bisa lebih praktis dan hemat dan waktu, tenaga dan biaya untuk bisa mendapatkannya.. 
Share

Belum ada Komentar untuk "Alami, Agregator & Marketplace Keuangan Syariah untuk UMKM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel