SyarQ, Platform Fintech Cicilan Syariah Tanpa Riba

SyarQ, Platform Fintech Cicilan Syariah Tanpa Riba

Kali ini saya mau coba review salah satu fintech syariah yang menjadi startup baru di indonesia khususnya yang menjalankan sistem syariah dalam bisnisnya. Apa nama dari fintech tersebut? Ya, mungkin namanya sudah tak asing lagi dan sudah sering kita dengar dari situs atau lainnya. Nama dari starTup tersebut adalah SyarQ..

Apa itu SyarQ?
Syarq adalah sebuah perusahaan startup fintech yang mengusung bisnis financial technology (fintech) lending jenis kredit dengan menggunakan skema cicilan syariah. Tak beda jauh dengan fintech lending lainnya, SyarQ beroperasi dalam sebuah platform khusus yang bisa diakses dengan mudah dan simpel. SyarQ juga dilengkapi kemudahan untuk menghitung skema cicilan dengan hanya mengcopy link produk yang kita dapat dari situs lain seperti marketplace bukalapak, lazada, tokopedia dan lainnya. Setelah copy dan paste di kolom khusus, maka kemudian akan muncul skema dan list cicilannya.

Mendukung Lahir dan Berkembangnya Ekonomi Syariah
Lahirnya startup ini sebetulnya sebagai salah satu penyeimbang atas berkembang pesatnya platform cicilan atau kredit di masyarakat saat ini yang memang sebagian besar adalah menggunakan konsep bunga. Indonesia sendiri di dominasi oleh muslim, dan dalam islam riba bunga adalah riba yang hukumnya adalah haram.

Disebutkan bahwa lahirnya SyarQ ini adalah semangat untuk menghilangkan dan menekan peredaran riba di masyarakat. Dalam syarQ, semuanya disesuaikan dengan kaidah dan aturan islam sehingga tidak ada unsur riba. Dengan demikian, ini saya pikir bisa menjadi salah satu kontribusi dari muslim untuk dunia islam di zaman digital ini. Seharusnya ada banyak lagi..

SyarQ Menggunakan Akad Murabahah
Nah karena SyarQ ini mengusung cicilan dengan konsep syariah, maka akad yang digunakan pun haruslah sesuai. Akad apa yang digunakan? Ternyata akad yang digunakannya adalah  akad murabahah. Apa itu Akad Murabahah?

Sebagaimana diketahui bahwa akad murabahah adalah perjanjian antara penjual dan pembeli. Penjual menjual produk yang dibeli oleh pihak pembeli dengan adanya kesepakat harga sesuai dengan yang telah disepakati. Termasuk ada kesepakatan untuk membayarnya secara mencicil.

Kenapa SyarQ Bisa DIkatakan Syariah?
Nah ada beberapa hal yang menjadi poin utama kenapa starup ini bisa dibilang sesuai dengan ketentuan syariah. Kenapa? Ya karena ada beberapa alasan tertentu diantaranya adalah sebagai berikut:

1. SyarQ mengacu pada fatwa DSN
2. SyarQ tidak meminjamkan uang melainkan barang
3. SyarQ mengambil profit harga jual barang bukan bunga
4. SyarQ membeli dulu barang dari suplier dan kemudian menjual kembali pada pembeli
5. SyarQ menggunakan dua akad yakni akad wa'ad / pemesanan dan akad murabahah / jual beli

Kenapa harus nyicil di SyarQ? 
Nah buat yang memang masih menganggap nilai-nilai syariah itu sebagai sesuatu hal yang sakral, maka sangat disarankan sekali untuk pindah ke stratup ini. Ada beberapa alasan dan yang paling utama adalah:
  • Sistem syariah
  • gratis ongkos kirim 
  • tanpa kartu kredit
Bagaimana Cara Nyicil di SyarQ?
Lalu ada pertanyaan lain yakni tentang bagaimana sebetulnya cara yang harus dilakukan untuk menyicil di  SyarQ ini. Nah caranya sangat mudah sekali sebetulnya, anda tinggal ikuti beberapa panduan berikut:

1. Cari barang di marketlate seperti tokopedia, bukalapak, JD.ID, BliBli, dll
2. Sudah dapat satu produk, lalu klik url -nya dan 'copy'
3. Buka situs SyarQ, lalu paste pada kolom teratas yang tersedia
4. Lalu akan muncul simulasi harga dan cicilah
5. Sepakati beli
6. Barang diterima
7. Lalu mulai cicil..
Nah bagaimana, cukup mudah bukan? Yup betul sekali bahwa untuk bisa nyicil sekarang bisa mudah sekali apalagi pake sistem syariah lagi. Pastinya ini akan sangat menguntungkan dan jadi solusi untuk menggunakan platform fintech syariah tanpa riba tersebut.
Share

Belum ada Komentar untuk "SyarQ, Platform Fintech Cicilan Syariah Tanpa Riba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel