FishBy, Startup Investasi Syariah untuk Budidaya Perikanan

FishBy, Startup Investasi Syariah untuk Budidaya Perikanan

Kali ini saya akan coba untuk fokus mereview beragam startup yang ada di indonesia saat ini khususnya mereka yang menggunakan konsep dan sistem syariah dalam menjalankan usahanya. Saya buatkan kategori khusus untuk membuat review tersebut yakni kategori 'startup'. 

Sekarang saya akan mengawalinya dari upaya mereview salah satu startup yang bergerak dalam dunia investasi, tepatnya adalah 'investasi syariah'. Apa nama startup tersebut? Nah nama dari startup tersebut adalah fishby.id.

Apa itu Fishby?

Nah berdasarkan informasi yang dihimpun dari situs webnya secara langsung, ternyata fishby ini adalah fintech yang bergerak dalam bidang crowdfunding sekaligus ionvestasi. Hal itu bisa dilihat dengan mengutip istilah 'situs galang dana'.Ini sebetulnya masuk dalam kategori crowdfunding namun bukan menggalang dana secara murni yang disalurkan untuk bantuan konsumtif namun ini rencananya adalah untuk biaya modal. 

Nah modal yang didapatkan kemudian akan disalurkan untuk bisnis tepatnya bisnis budidaya ikan. Prinsip yang digunakan dan akan yang juga digunakan oleh fishby ini adalah prinsip syariah yakni adalah sistem profit and lost sharing atau bagi hasil dalam istilahnya. 

Prinsip Dasar dan Utama 

Dalam menjalankan prinsipnya, fishby menggunakan dasar -dasar islami yang memang benar-benar sesuai dengan prinsip syariah. Nah apa dasar  yang digunakan oleh startup investasi syariah tersebut? Setidaknya ada tiga nilai dasar yang diusung oleh perusahaan tersebut, diantaranya adalah:
  • Kejujuran
  • Keadilan,
  • Kemanfaatan
Mengapa Harus Fishby?
Nah tiap perusahaan startup pasti memiliki yang namanya kelebihan dan juga keuntungan. Lalu apa sebetulnya yang ditawarkan serta menjadi kelebihan dari startup fishby tersebut. Agar lebih jelasnya, anda bisa simak beberapa kelebihannya itu sebagai berikut:
  • Return cepat dan Tinggi - kelebihan pertama adalah dari segi return atau keuntungan yang bisa anda dapatkan jika investasi di fishby. Anda sebagai investor bisa mendapatkan return keuntungan sebesar  10% dari bagi hasil. Adapun jangka waktunya hanya sekitar 3 -4 bulan saja. 
  • Prinsip syariah - kelebihan lainnya adalah adanya prinsip syariah yang digunakan. jika sebuah bisnis menggunakan kontrak atau sistem syariah, maka kemudian ini akan sangat transapran dan  menjunjung tinggi yang namanya keadilan. Dijamin gak akan ada yang dirugikan..
  • Kontribusi sosial - selain mendapatkan keuntungan pribadi, anda juga sebetulnya bisa sangat mungkin sekali untuk bisa mendapatkan kontribusi sosial. artinya anda bisa memperbaiki kehidupan khususnya petani ikan agar mereka bisa mendapatkan penghasilan yang cukup untuk membiayai hidup.
 Cara Investasi di Fishby
Nah lalu yang menjadi pertanyaan adalah anda bagaimana harus dilakukan untuk investasi di fishby tersebut. Nah caranya sangat mudah sekali sebetulnya yakni dengan hanya melakukan beberapa tahapan sebagai berikut:
  • Pilih komoditas
  • Transfer dana
  • Pantau Progress
  • Panen
Nah sementara itu untuk mengetahui apa saja yang akan didanai, fishby biasanya menawarkan beberapa campaign khusus yang kemudian bisa digunakan untuk bisa mendapatkan keuntungan. Anda tinggal transfer dana saja untuk menginvestasikan uang anda di projek yang sudah disediakan oleh situs. 
Share

Belum ada Komentar untuk "FishBy, Startup Investasi Syariah untuk Budidaya Perikanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel