Milestone Sejarah Industri Keuangan Syariah Indonesia

Milestone Sejarah Industri Keuangan Syariah Indonesia


Dua dekade sudah perjalanan keuangan syariah di indonesia. Sejak didirikannya bank muamalat pertama di indonesia yang mengusung konsep syariah sampai sekarang, apa yang sudah dicapai oleh keuangan syariah indonesia tersebut? sebetulnya jika kita simak, ada banyak sekali hal –hal yang menjadi prestasi yang telah dicapai. Namun disamping itu, masih banyak masalah yang belum terselesaikan seperti meningkatkan kesadaran, meningkatkan marketshare, sampai masalah inklusifitas..

Hal yang perlu dilihat sebetulnya bukan hanya dari segi capaiannya saja, namun hal paling penting adalah prosesnya. Apa saja yang sudah dilakukan oleh keuangan syariah selama dua dekade tersebut? Nah tentu untuk mengetahuinya, kita butuh data informasi tiap tahun tentang momen-momen yang terjadi dan dilakukan oleh para pemangku kebijakan dalam keuangan syariah ini. nah untuk bisa mengetahui bagaimana perjalanan keuangan syariah dari dulu hingga sekarang, anda bisa simak milestone dibawah ini.

Sejarah Keuangan Syariah Indonesia dalam Milestone
Untuk mengetahui tentang bagaimana perkembangan sejarah keuangan khususnya industri keuangan di indonesia dari dulu hingga sekarang, anda bisa simak penjelasannya dalam milestone dibawah ini. Apa yang dijelaskan ini sebetulnya berlaku atau hanya pokok umum saja, selain itu masih ada event dan moment lain yang tak kalah penting dalam tiap tahunnya tersebyt. Silahkan simak dibawah ini.

1990 – Majelis Ulama Indonesia (MUI) merekomendasikan pendirian bank syariah

1992 - Muncul kebijakan lewat UU No. 7 Tahun 1992 yang kemudian melahirkan bank syariah pertama yakni bank muamalat.

1994 - Perusahaan Asuransi Syariah Pertama yakni PT Asuransi Takaful Keluarga

1996 - Reksa Dana Syariah Pertama yakni Danareksa Syariah Berimbang

1998 – Perubahan UU No. 7 Tahun 1992 ke UU No. 10 Tahun 1998; bank konvensional boleh punya unit usaha syariah

2000 – Muncul perusahaan modal ventura syariah pertama (PT PNM Ventura Syariah) sekaligus launching Jakarta Islamic Index (JII).

2002 – Adanya cetak biru pengembangan perbankan syariah di Indonesia 2002 – 2011. Selain itu, muncul juga sukuk korporasi pertama yakni Mudharabah Indosat dan Standar akuntasi bank syariah pertama.

2004 – Munculnya Fatwa MUI No. 1 tahun 2004 tentang Bunga (Interest/Faedah)

2005 - Munculnya Perusahaan Pembiayaan Syariah Pertama (PT Amanah Finance)


2008 - Munculnya UU tentang perbankan syariah UU No. 19 tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) pertama.

2011 – Munculnya Sistem Online Trading Syariah (SOTS) Pertama (IPOT Syariah)

2012 – Muncul Perusahaan Penjaminan Syariah pertama (PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah)

2014 – Adanya Pembentukan Komite Pengembangan Jasa Keuangan Syariah (KPJKS)

2015 – Disusun Roadmap Perbankan Syariah, Pasar Modal Syariah 2015-2019, dan IKNB Syariah indonesia tahun 2015-2019. Selain itu, ada banyak IKNB yang diharuskan terdaftar di OJK seperti Koperasi LKM Syariah Baitul Maal Wat Tamwil dll. Ada juga Kampanye Aku Cinta Keuangan Syariah (ACKS)

2016 – Muncul UU No. 1 tahun 2016 tentang Penjaminan, pengaturan pertama penjaminan syariah. Selain itu, muncul juga Perusahaan Reasuransi Syariah pertama (PT ReINDO Syariah) 

Nah itulah beberapa kejadian atau fakta penting mengenai perkembangan industri keuangan syariah yang ada di indonesia. Semoga kedepan akan lebih banyak lagi hal baik yang muncul dalam tiap tahunnya sehingga industrri keuangan syariah di indonesia bisa makin jaya dan maju lagi sehingga bisa jadi solusi keuangan negeri. 
Share

Belum ada Komentar untuk "Milestone Sejarah Industri Keuangan Syariah Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel