Pengaruh Fintech ke Perbankan; Peluang atau Ancaman?

Pengaruh Fintech ke Perbankan; Peluang atau Ancaman?

Kali ini saya akan bahas tentang dampak, ancaman atau pengaruh fintech terhadap perbankan baik syariah ataupun konvensional secara keseluruhan. Apa yang akan saya jelaskan ini adalah berdasarkan pemahaman dan pandangan saya saja berdasarkan pada pengetahuan yang saya dapatkan selama ini.

Beberapa tahun terakhir saya coba mengikuti perkembangan financial technology baik di dunia secara keseluruhan maupun di indonesia. Ada banyak aktivitas yang saya biasanya lakukan mulai dari baca artikel, jurnal, buku sampai menghadiri banyak sekali seminar-seminar berbasis fintech khususnya yang ada di sekitar bandung dimana saya tinggal.

Dari banyak aktivitas itu, saya menemukan banyak fakta tentang fintech sekaligus juga hubungannya dengan perbankan. Harus diketahui bahwa memang saat ini pihak perbankan ada dalam tahap ketakutan karena adanya fintech ini karena mereka melihat bahwa fintech itu dianggap sebagai ancaman.

Apa itu Fintech..?
Disini saya akan coba jelaskan terlebih dahulu tentang apa itu fintech. Sebetulnya fintech ini sudah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Namun sekilas disini maksudnya adalah singkatan dari financial technology. Financial adalah keuangan dan technology adalah teknologi. Jadi bisa diartikan jika fintech itu adalah segala bentuk aktivitas keuangan yang menggunakan bantuan teknologi..

Fintech di Indonesia..
Di indonesia sebetulnya fintech itu sudah terjadi sejak lama. Ya, semenjak indonesia mengenal dunia internet, maka fintech itu kemudian muncul Ya, karena fintech tak akan mungkin dilepaskan dengan dunia digital dan internet. Dulu sekali kita mengenal yang namanya iBanking, ATM dan lainnya. Cek saldo sudah pakai internet, itu adalah bagian dari fintech yang telah masuk dalam dunia keuangan..

Dua jenis Fintech..
Nah sebetulnya ada dua jenis fintech yang sebaiknya kita ketahui dalam hubungannya dengan perbankan. Apa saja dua jenis fintech yang dimaksud:

  1. Fintech sebagai mediator
  2. Fintech sebagai disruptor

Mari kita jelaskan antar kedua hal tersebut, apa dan bagaimana sebetulnya perbedaannya. Dengan mengetahui keduanya, maka kita akan paham apakah fintech itu peluang (opportunity) atau ancaman (disruptor).

Fintech sebagai Mediator..
Nah yang dimaksud fintech sebagai mediator itu adalah fintech yang digunakan sebagai mediasi untuk mempermudah segala bentuk transaksi keuangan. Seperti dicontohkan diatas seperti iBanking, dan sebagainya, itu hanya sebagai bagian dari media yang sangat membantu cara kerja perbankan sehingga jadi lebih efektif.

Fintech sebagai Disruptor..
Selain dianggap sebagai mediator, fintec juga sering dianggap sebagai disruptor atau pengganggu. Ini terjadi karena ada perusahan atau jenis usaha baru yang mengancam stabilitas bank. Nah dalam dunia perbankan, salah satu yang jadi ancaman fintech itu adalah fintech lending yang bisa memudahkan orang untuk pinjam uang dengan inklusi yang sangat tinggi.

Peluang Fintech untuk Perbankan

Jika bank diduduki oleh para staf dan manajemen yang visioner tidak buta teknologi dan perkembangan, maka fintech ini seharusnya bisa menjadi peluang. Namun sayang saat ini banyak perbankan yang masih enggan tak mau melihat hal tersebut, bahkan melihat peluang saja tidak bisa. Sebagian bank baru dalam tahap pelatihan 'fintech awareness' saja, belum masuk ke tahap action.

Padahal seharusnya adanya fintech ini bisa memudahkan sekali untuk bank diakses dengan mudah oleh para nasabah atau calon nasabahnya. Perlu diingat bahwa saat ini 60 % orang indonesoia unbanked atau belum terakses perbankan. Seharusnya dengan adanya fintech, ini memudahkan dan memungkinkan sekali untuk bisa mendapatkan kemudahan.

Benarkah Fintech Mengancam Perbankan?
Nah kemudian jika ada pertanyaan pengaruh fintech terhadap perbankan itu ancaman? Ya, itu akan bergantung pada siapa yang melihat dan bagaimana cara melihatnya. Di sisi lain, memang fintech itu bisa menggantikan fungsi perbankan, namun memang banyak yang belum paham tentang itu semua.

Bahkan dalam sebuah sesei seminar, pembicara dari ojk bilang ' sebetulnya bank itu tahu fintech adalah ancaman, namun mereka pura-pura buta dan tuli'. Nah orang ojk saja bilang kalau fintech ini memang bisa jadi ancaman bagi dunia perbankan, dan sudah saatnya perbankan segera ambil langkah.

Apa yang Harus Dilakukan Bank?
Nah pertanyaan selanjutnya adalah tentang apa sebetulnya yang harus dilakukan oleh bank? Nah hal yang harus dilakukan oleh bank ada dua hal. Apa itu?

Pertama; menginovasi produk dengan sistem teknologi agar bisa mengimbangi perkembangan zaman
Kedua; bekerjasama dengan fintech lending khususnya dan jangan anggap mereka sebagai lawan

Nah itulah kira-kira beberapa penjelasan yang bisa saya sampaikan mengenai pengaruh fintech terhadap dunia perbankan. Semoga bermanfaat.. Jika ada yang mau ditanyakan, silahkan post aja di komentar ya..
Share

Belum ada Komentar untuk "Pengaruh Fintech ke Perbankan; Peluang atau Ancaman?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel