Daftar Fintech yang Terdaftar di OJK; Hanya Ada 1 yang Syariah

Daftar Fintech yang Terdaftar di OJK; Hanya Ada 1 yang Syariah


Oke kali ini saya mau informasikan tentang daftar fintech terdaftar di ojk yang paling update. Tapi sebetulnya saya mau cerita dulu nih mengenai fintech yang mana saya sudah coba ikuti perkembangannya sejak tahun 2017 lalu.

Tahun 2017 akhir, saya mengikuti seminar di Telkom University, Buah Batu Bandung. Dalam seminar tersebut membahas tentang financial technologi, pada waktu itu ada pembicara dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni pak Hendrikus Passagi. Beliau adalah Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK. Setelah itu saya selalu hadiri beberapa seminar jika yang datang dari OJK karena memang biasanya konten power-poin-nya keren-keren..

Pada waktu itu, dia bilang kira-kira tentang masa depan fintech di masa yang akan datang. Terutama memang yang disinggung adalah tentang fintech lending yang katanya menargetkan ratusan fintech lending yang bisa menjadi solusi inklusi keuangan di indonesia.

Setelah seminar tersebut, kemudian saya coba memantau dari perkembangan berita-berita-nya di situs nasional. Ya, saya dapatkan informasi banyak mulai dari berapa perusahaan fintech yang sudah disetujui dan berapa yang dalam proses.  Nah ternyata sampai saat ini, sudah ada 50an lebih yang sudah dapat izin dan ratusan dalam proses perizinan. Lebih lanjut bisa dibaca di tulisan saya lainnya yakni daftar perusahaan startup fintech syariah terbesar.

Nah kenapa juga ya banyak sekali perusahaan yang mau buka usaha dalam bidang fintech ini? Sepertinya untuk jawab pertanyaan tersebut, saya akan coba untuk buatkan dalam artikel lain untuk mengulasnya. 

Berikut Daftar Fintech Terdaftar di OJK
Nah kali ini saya akan fokus saja pada menginformasikan tentang perusahaan atau nama-nama fintech apa saja yang sudah disetujui oleh OJK dan sudah bisa beroperasi. Oh ya, beberapa waktu lalu saya juga mengikuti sosialisasi di Hotel Luxton Bandung untuk salah satu fintech lending yakni UangTeman.com.

Oke langsung saja kita simak tentang beberapa daftar perusahaan fintech yang sudah disetujui itu. Nah dari semuanya, memang lebih didominasi oleh konvensional sedangkan syariahn cuma baru satu. Semoga kedepan akan bertambah..
  1. Akseleran (akseleran.com)
  2. Aktivaku (aktivaku.id)
  3. Amartha (amartha.com)
  4. Ammana (ammana.id) ---fintech syariah pertama (baca disini)
  5. AwanTunai (awantunai.com)
  6. Cash Wagon (cashwagon.id)
  7. Cicil (cicil.co.id)
  8. CROWDO (crowdo.co.id)
  9. Dana Mapan (danamapan.id)
  10. Dana Merdeka (danamerdeka.co.id)
  11. Danacepat (pendanaan.com)
  12. Danakini (danakini.com)
  13. DanaKita (danakita.com)
  14. Danamas (p2p.danamas.co.id)
  15. Dompet Kilat (dompetkilat.co.id)
  16. DynamicCredit (dynamiccredit.co.id)
  17. Esta Kapital (estakapital.co.id)
  18. Finmas 9finmas.co.id)
  19. Fintag (fintag.id)
  20. Gradana (gradana.id)
  21. Igrow (igrow.asia)
  22. Indodana (indodana.id)
  23. Investree (investree.id)
  24. Involla (involla.co.id)
  25. Karapoto (karapoto.co.id)
  26. KIMO (kimo.co.id)
  27. KlikACC  (klikacc.com)
  28. Koinworks (koinworks.com)
  29. Kredivo  (kredivo.com)
  30. Mekar.id (mekar.id)
  31. Modalku (modalku.co.id)
  32. Pinjam WinWin (pinjamwinwin.com)
  33. Qreditt (qreditt.com)
  34. Relasi (relasi.co.id)
  35. Rupiah Plus (rupiahplus.com)
  36. Taralite (terallite.com)
  37. Tokomodal (tokomodal.co.id)
  38. TunaiKita (tunaikita.com)
  39. Tunaiku (tunaiku.com)
  40. UangTeman (uangteman.com)

Nah kedepan memang akan lebih banyak lagi sepertinya yang akan disetujui oleh OJK. Namun sangat berharap sekali ada inovasi dari syariah yang juga main. Jangan Cuma 1 kaya sekarang. Namun harus diingat bahwa kedepan OJK juga melakukan pengetatan dan pengawasan yang extra pada pola usaha keuangan baru ini.

Beberapa diantaranya OJK akan melakukan uji kelayakan pada evaluasi bisnis tersebut, semuanya dilakukan supaya tak ada fintech yang bodong yang beroperasi. OJK memang mendorong perkembangan inovasi bisnis ini namun lebih menekankan pada responsibilty perusashaan pada konsumen..

Share

Belum ada Komentar untuk "Daftar Fintech yang Terdaftar di OJK; Hanya Ada 1 yang Syariah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel