Peluang Bisnis Halal dari Internet di Era Sharing Economy

Peluang Bisnis Halal dari Internet di Era Sharing Economy


Kali ini saya akan sharing tentang bisnis halal di internet. Saat ini kita tengah memasuki era digital internet. Bahkan kemudian memunculkan sistem ekonomi baru yang disebut denga era ekonomi berbagi atau sharing economy. Pola ekonomi ini telah merubaha bahkan men-disrupsi pola ekonomi yang sebelumnya sudah ada. Dalam pola ini, kegiatan ekonomi menjadi lebih mengarah pada social role dengan menekan peran capitalist.

Keberadaan  internet menjadi salah satu pemicu kemunculan era ekonomi berbagi ini. Karena bantuan internet, kini setiap orang memiliki akses untuk melakukan perniagaan dan aktivitas ekonomi serta bisnis lain secara mudah dan menyeluruh. Salah satu diantaranya contohnya ada GoJeck, Uber, Tokopedia sebagai marketplace, dan banyak lagi yang lainnya. 

Nah anda sebagai seorang muslim baiknya jangan hanya berperan sebagai penikmat namun cobalah berpikir untuk menginisiasi kemunculan startup baru yang menciptkan ekosistem ekonomi berbagi tersebut. jika anda perhatikan, dengan adanya internet ini, anda bisa menggunakan beberapa peluang yang ada untuk menciptakan beragam inovasi bisnis  halal.

Beragam Peluang Bisnis Halal dari Internet

jika anda coba jeli dan perhatikan, sebetulnya ada banyak sekali peluang bisnis halal yang bisa anda jalankan dengan menggunakan bantuan internet. Semua  peluang tersebut akan benar-benar menguntungkan jika anda menggarapnya dengan baik. Dalam kesempatan kali ini, saya mau share beberapa peluang bisnis halal yang bisa coba anda jalankan dan terapkan di era sharing economy ini. apa saja peluang bisnis yang dimaksud? Simak dibawah ini:

·         Buka perusahaan fintech syariah -  fintech syariah menjadi salah satu bagian penting dan potensial. Saat ini baru ada satu fintech syariah berbasis lending (al-amanna) dan satu berbasis payment gateway (paytren). Nah kalau anda punya konsep yang bagus, coba bangun mirip dengan fintech lain namun gunakan konsep syariah. Sepertinya bakal prospektif banget..

·         Bantu sesama lewat crowdfunding – kitabisa.com jadi salah satu situs cowrfunding terbesar di indonesia. Namun sayang konsepnya belum syariah, nah maka dari itu ini bisa jadi peluang untuk anda semua membuka situs atau apps crowd yang memang berbasis dan menggunakan sistem syariah.

·         Buka paket umroh – bagi anda yang memang suka pada bisnis travel, maka membuka usaha tour and travel untuk kegiatan umroh, itu sangat bagus. Selama ini banyak kasus penipuan umroh, nah seharusnya ini bisa menjadi salah satu trigger untuk anda menciptakan konsep bisnis baru yang tak merugikan konsumen.

·         Jualan busana muslim – yang jualan busana muslim selama ini biasanya kadang bukan orang muslim. Nah kurang etis lah.. coba aja yang jualan sebaiknya memang orang-orang muslim agar biar benar-benar tahu apa saja yang harus dilakukan dan ditawarkan dalam penawaran. Tak ada kebohongan dalam menjual dan menjalankan konsep islami pada saat berjualan tersebut.

·         Saham  / reksadana syariah – nah buat yang mau jualan saham, ini juga bisa menjadi ide terbaik untuk anda bisa mendapatkan peluang dari bisnis saham syariah. Bisnis ini bisa dijalankan secara online saja tanpa harus pergi langsung ke kantor.

·         bisnis di internet yang halal lainnya - ­ salain beberapa pilihan diatas, sebetulnya masih banyak bisnis halal lain yang bisa anda coba ikuti. Hal terpenting adalah dimana anda harus bisa pastikan kalau semua bisnis dijalankan dengan mengedepankan nilai-nilai keislaman.

Itulah beberapa peluang dari bisnis  halal yang memang bisa anda coba terapkan dan jalankan dari jaringan internet saja. Kita sebagaimana disebutkan diatas  tengah hidup di era sharing economy, maka dari itu kita harus lebih berinovasi menciptakan ceruk- bisnis baru untuk membantu kalangan muslim yang juga saudara kita agar bisa menjalankan dan mendapatkan untung dari peluang bisnis halal internet yang kita ciptakan.
Share

Belum ada Komentar untuk "Peluang Bisnis Halal dari Internet di Era Sharing Economy"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel