10 Negara dengan Aset Keuangan Syariah Terbesar di Dunia

10 Negara dengan Aset Keuangan Syariah Terbesar di Dunia
Secara global, industri keuangan syariah mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat sekali. Ya, bukan hanya terjadi di negara dengan sistem pemerintahaan islam saja akan tetapi di negara dengan penduduk mayoritas muslim seperti indonesia. Perkembangan itu menjadi salah satu adanya indikasi kalau kesadaran muslim untuk menggunakan jasa keuangan syariah sudah benar-benar baik dan tinggal ditingkatkan kembali.

Salah satu indikator perkembangan tersebut bisa dilihat dari asset yang dimiliki lembaga keuangan di dunia. Berdasarkan data terbaru dari IFSB Financial Stability Report, diungkapkan bahwa aset industri keuangan syariah dunia telah tumbuh cukup pesat dan cepat. Pada tahun 1990-an, nilai total assetnya hanya sekitar USD150 miliar saja, sedangkan di akhir tahun 2015, sudah mencapai USD2 triliun. Nilai tersebut diprediksi bakal terus meningkat dan diharapkan pada tahun 2020 mencapai USD6,5 triliun.

Adapun negara-negara yang memiliki kontribusi besar dalam pertumbuhan asset keuangan syariah tersebut, beberapa diantaranya akan disebutkan dalam beberapa poin yang ada dibawah ini. Memang ada banyak sekali negara di dunia yang berkontribusi pada pertumbuhan asset tersebut, namun disini diambil hanya 10 negara saja sebagai yang terbesar dan paling besar total aset keuangan syariahnya. Negara apa saja itu dan dimana posisi indonesia?
  1. Arab Saudi = 446.664
  2. Iran = 434.420
  3. Malaysia = 414.343
  4. UAE = 187.051
  5. Qatar = 100.538
  6. Kuait = 1.429
  7. Bahrain = 81.069
  8. Turkey = 51.710
  9. Indonesia = 47.645
  10. Bangladesh = 26.192
Dalam data diatas, diketahui bahwa indonesia ada dalam posisi ke-9 sebagai negara dengan aset keuangan syariah terbesar. Nah seiring berjalan waktu serta pasti, kemudian indonesia terus berupaya untuk meningkatkan posisinya. Data diatas diambil dari Thomson Reuters Islamic Finance Development Report 2016. Nah berdasarkan data dari lembaga lain seperti Global Islamic Finance Report, indonesia menduduki posisi ke-6, hanya saja ini untuk kategori yang berbeda yakni sebagai kategori Islamic Finance Country Index.

Nah itulah beberapa negara yang memiliki total aset terbesar di dunia untuk keuangan syariah. Selain negara-negara diatas, ada banyak kontribusi besar lain dari negara lain bahkan termasuk juga dari negara non-muslim yang menerapkan juga sistem keuangan syariah di negaranya. Jadi keberadaan sistem keuangan syariah ini tidak hanya untuk muslim saja, namun juga bisa digunakan oleh kaum non-muslim. Inilah yang namanya islam sebagai rahmatan lil-alamin yakni bisa menjadi salamatan buat semua penduduk di dunia ini..

Bagaimana kedepan? Kedepan sepertinya peluang perkembangan asset dari keuangan syariah di dunia dan indonesia akan berkembang dengan pesat. Hal ini tentu akan ditentukan secara mendasar oleh kesadaran orang –orang untuk beralih dari keuangan umum ke keuangan syariah.

Share

Belum ada Komentar untuk "10 Negara dengan Aset Keuangan Syariah Terbesar di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel