Lembaga Keuangan Mikro Syariah di Indonesia

Lembaga Keuangan Mikro Syariah di Indonesia
 
Ada banyak sekali lembaga keungan di indonesia itu diantaranya adalah lembaga keuangan mikro syariah. Lembaga ini dibentuk atas dasar untuk memenuhi kebutuhan pendanaan masyarakat yang masuk dalam kategori pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Selama ini pengusaha kecil dan menengah sering mengalami kesulitan dalam mendapatkan pendanaan, maka dari itu kemunculan lembaga mikro ini hadir sebagai salah satu lembaga untuk menopak itu semua.

Landasan Hukum
Keberadaan lembaga keuangan mikro syariah sebetulnya menginduk pada landasan hukum lembaga keuangan mikro secara umum yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2013. Selain itu, landasan hukum itu diperkuat dengan Peraturan Pemerintah Nomor 89 Tahun 2014 yang fokus pada suku bunga pinjaman. Kemudian landasan tersebut diperkuat juga dengan surat edaran dan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan (SEOJK), SEOJK Nomor 29/SEOJK.05/2015. 

Apa itu Lembaga Keuangan Mikro Syariah?
Pertama-tama kita bahas apa yang dimaksud dengan baga keuangan mikro syariah tersebut. lembaga keuangan mikro adalah sebuah lembaga yang khusus didirikan untuk memberikan dan melayani pinjaman dan pembiayan bagi masyrakat skala mikro. Nah sedangkan lembaga mikro yang syariah adalah memiliki ciri khusus yakni tidak semata-mata mengharap keuntungan namun kemaslahatan dan kesejahtreraan masyarakat. 

Badan Hukum dan Kepemilikan
Nah badan hukum dari pendirian LKM ini bisa dua macam yakni koperasi atau perseroan terbatas. Dalam hal ini PT juga diatur yakni 60 persen harus dimiliki oleh pemerintah baik kabupaten, provinsi sampai desa. Nah penting untuk diketahui bahwa yang boleh memiliki LKM ini sangat ketat tidak diperbolehkan dimiliki swasta. Yang diperbolehkan itu adalah badan usaha desa, koperasi, pemerintah kota atau kabupaten dan koperasi. 

“Asing tak diperbolehkan sedikitpun memiliki aset di LKM  ini”

Beberapa Jenis LKM Syariah di Indonesia
Di indonesia, ada beberapa jenis LKM syariah yang sudah berdiri. Namun secara umum memang mencakup 3 jenis yakni diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Koperasi Syariah
2. BMT (Baitul Mal Wat Tamwil)
3. BPRS (Bank Perkreditan Rakyat Syariah)

Contoh LKM Syariah di Indonesia
Selanjutnya yang mungkin ingin anda ketahui adalah tentang contoh LKM syariah yang ada di indonesia. Nah apakah anda sudah tahu apa saja? Ada banyak sekali sebetulnya dan  beberapa waktu lalu, pemerintah menysahkan 10 LKM syariah baru. Nah adapun ke 10 LKM syariah itu diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. LKM KHAS Kempek Cirebon
  2. LKM Syariah Buntet Pesantren, Cirebon
  3. LKM Syariah Berkah Bersama Baiturrahman, Bandung
  4. LKM Syariah Ranah Indah Darussalam, Ciamis
  5. LKM Syariah Amanah Berkah Nusantara, Purwokerto
  6. LKM Syariah Bank wakaf Alpansa, Klaten
  7. LKM Syariah Almuna Berkah Mandiri, DIY
  8. LKM Syariah Berkah Rizqi Lirboyo, Kediri
  9. LKM Syariah Denanyar Sumber Barokah, Jombang
  10. LKM Syariah An Nawawi, Banten
Nah itulah beberapa informasi yang penting dan bisa dijelaskan tentang apa yang dimaksud dengan apa yang anda harapkan. Anda harus tahu bahwa sebetulnya ada banyak lagi informasi lainnya yang harus anda pahami tentang lembaga keuangan mikro syariah.
Share

Belum ada Komentar untuk "Lembaga Keuangan Mikro Syariah di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel