Wisata Syariah, Halal dan Religi, Apa Sih Bedanya?

Wisata Syariah, Halal dan Religi, Apa Sih Bedanya?
Segala sesuatu memang tidak bisa dilepaskan dari agama karena agama adalah pengatur segala aktivitas kehidupan manusia di dunia ini. Bahkan sampai pada kegiatan wisata sekalipun, ada nilai agama yang dipegang teguh disana. Tak jarang kita mendengar beberapa istilah seperti wisata syariah, wisata halal, wisata religi dan yang lainnya. Nah yang menjadi pertanyaan adalah apa sih perbedaan antara wisata-wisata tersebut? 

Secara sekilas nama syariah, halal dan religi itu memang terlihat sama. Namun jika dikaji dan digali lebih dalam ternyata ada beberapa perbedaan khusus. Nah yang tentunya ingin anda ketahui adalah apa sih atau dimana sih letak perbedaannya? Maka dari itu, dibawah ini saya akan sajikan beberapa pembahasannya secara detail mengenai beberapa perbedaan tersebut.

1# Wisata Syariah..
Syariah adalah hukum dalam islam yang menjadi panduan, pegangan dan pedoman seluruh umatnya. Sedangkan wisata adalah berpergian ke suatu tempat untuk berlibur dan bersenang-senang. Dan sedangkan yang dimaksud dengan wisata syariah adalah wisata yang dimana kegiatannya tidak hanya senang-senang namun ada nilai syariah yang bis didapatkan. Kemudian cara –cara dan fasilitas yang ada di lokasi wisata itu haruslah sesuai dengan aturan-aturan syariah serta tidak menentang. Misalnya di lokasi itu harus ada hotel syariah yang mana menginap disana hanya yang sudah menikah, demikian juga dengan fasilitas lain yang memang sangat muslim friendly. 

2# Wisata Halal
Nah kemudian istilah kedua yang sering kita dengar adalah tentang wisata halal. Apa itu sebetulnya? Kita lihat dari pengertian kata ‘halal’ terlebih dahulu. halal artinya bebas dari bahaya baik fisik ataupun mental. Biasanya dalam wisata, objek wisata halal adalah tempat wisata yang menyajikan beberapa hal yang memiliki nilai halal seperti restauran, hotel, dan banyak lagi yang lainnya. Kalau objek wisata halal sebetulnya tak harus ada di negara muslim saja, namun bisa saja di negara non-muslim yang ingin menyajikan sesuatu yang muslim friendly. Apa bedanya dengan wisata syariah? Bedanya kalau wisata halal ini merupakan bagian dari wisata syariah. 

3# Wisata Religi
Nah kalau yang dua itu mencakup pada agama islam saja sedangkan untuk wisata religi, ini tak mencakup pada satu agama saja, bisa saja merujuk pada agama lain atau bahkan kepercayaan. Objek wisata atau destinasi wisata yang punya daya tarik religi adalah yang memang ada nilai-nilai religious didalamnya.  Ada banyak di indonesia budaya dan kepercayaan dan berkembang, bahkan sampai sekarang masih banyak yang bertahan dan dipegang teguh. Nah kini banyak juga kepercayan tersebut yang dijadikan sebagai objek wisata seperti tradisi tertentu, atau bahkan ada beberapa peninggalan juga seperti ziarah makam, dan lainnya. 

Nah itulah kiranya yang menjadi pembeda antara wisata syariah, wisata halal dan juga wisata religi. Sudah jelas bukan? Oh ya, untuk penjelasan wisata syariah di indonesia lebih detailnya, saya akan jelaskan dalam beberapa artikel lain.
Share

Belum ada Komentar untuk "Wisata Syariah, Halal dan Religi, Apa Sih Bedanya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel