Apa Perbedaan Bunga dan Bagi Hasil? Lihat Tabel Berikut!

Apa Perbedaan Bunga dan Bagi Hasil? Lihat Tabel Berikut!
Perbedaan bunga dan bagi hasil - Setelah ada bank syariah, kemudian ada istilah baru yang digunakan untuk mengganti riba yakni ‘bagi hasil’. Bagi yang sebelumnya berkutat dan hanya tahu dengan sistem bank konvensional saja, tentu bertanya-tanya tentang apa perbedaan antara keduanya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, jelas kita harus melakukan proses pencarian informasi yang benar-benar akurat untuk menjawab semuanya dengan lebih detail..

Kemunculan bank syariah sebetulnya dikarenakan adanya ketidakadilan dari sistem konvensional yang selama ini sudah digunakan luas. Sistem yang ditawarkan oleh bank syariah ini adalah untuk merevisi, melengkapi dan mengganti sistem yang sebelumnya dalam bank konvensional dianggap tidak sesuai dengan nilai-nilai syariah. Sebetulnya segala sesuatu yang tidak sesuai dengan nilai ‘syariah’, sebagian besar cenderung memiliki gap ketidakadilan. Tak salah kalau islam hadir sebagai agama perdamaian yang menjunjung tinggi keadilan. 

Dimana Letak ketidakadilannya? Nah mungkin itu yang kemudian anda tanyakan sebelum mencari tahu apa perbedaan bunga dan bagi hasil itu. nah letak ketidakadilan sistem bunga sebetulnya ada pada sistem flat atau tetap. Padahal dalam usaha, tak ada yang flat melainkan selalu naik turun, kadang untung, kadang rugi, kadang untung besar, kadang untung biasa, dan lainnya. Islam menghendaki keadilan dalam hal apapun termasuk dalam usaha. Disini, seringkali peminjam dana yang dirugikan karena mereka penuh dengan tantangan dan ketidakjelasan, sedangkan pemberi pinjaman, mereka tak mau tahu yang penting dana masuk terus. 

Apa itu Bunga?
Bunga sebetulnya dalam bahasa inggris disebut dengan interest. Bunga disini bukan bunga yang wangi dan tumbuh, bunga disini lebih pada bunga bank. Nah secara sederhana bunga itu bisa dikatakan sebagai imbalan yang diberikan oleh peminjam ke pemberi pinjaman sesuai dengan presentasi yang ditentukan sejak awal perjanjian untuk jangka waktu tertentu. Biasanya bunga ini bersifat flat baik untuk pembayaran bulanan, atau lainnya sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat. Sistem bunga sudah dikenal sejak lama bahkan sejak sebelum nabi muhammad SAW lahir, dan sampai saat kini sistem kafitalis masih menggunakan metode bunga tersebut. 

Apa itu Bagi Hasil?
Nah selanjutnya adalah tentang bagi hasil. Dalam bahasa inggris sering disebut dengan profit anda lost sharing. Ini sebetulnya merupakan alternatif dalam skema pembiayaan antara peminjam dengan pemberi pinjaman yang mendasarkan pembayaran berdasarkan pada kinerja usaha yang dijalankan. Jika usahanya jalan dan untung, maka presentasi yang dibayar akan disesuaikan dengan penjanjian. Namun jika rugi, maka kerugian akan ditanggung oleh kedua pihak. Kata kunci dari bagi hasil adalah fleksibel. Biasanya bagi hasil ini menjadi skema utama yang diunggulkan oleh pembiayaan syariah baik bank atau lainnya. 

Apa Perbedaan Bunga Dan Bagi Hasil Syariah?
Nah setelah kita ketahui dua pengertian diatas, selanjutnya kita harus bisa membedakan antara keduanya tersebut. karena fokus pembahasan artikel ini memang untuk mengetahui akan perbedaan kedua skema atau sistem tersebut. nah agar lebih mudah dipahami, maka akan saya jelaskan dalam tabel khusus dibawah ini: 

BUNGA
BAGI HASIL
Bunga bersifat flat tetap
Bagi hasil bersifat fleksibel mengikuti fluktuasi
Asumsi kalau peminjam akan selalu untung
Asumsi bahwa usaha itu pasti ada turun-naik
Bunga tidak adil karena tak sesuai dengan hasil usaha
Bagi hasil adil karena perhitungannya sesuai hasil usaha
Dihitung berdasarkan presentase bunga x jumlah yang dipinjam
Dihitung berdasarkan nisbah dikali jumlah yang didapatkan
Jumlah bunga tidak meningkat meski untung besar
Jumlah bagi hasil meningkat jika pendapatan meningkat
Eksistensi bunga banyak yang menentang
Eksistensi bagi hasil diterima semua pihak tidak hanya islam
Bunga flat, bunga anuitas, bunga efektif dan bunga mengambang
Profit sharing, gross sharing, revenue sharing

Nah demikian sekilas informasi yang bisa anda ketahui tentang Perbedaan bunga dan bagi hasil syariah. Anda bisa mempelajari hal lainnya dalam beberapa artikel lain di blog ini, Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.. Sampai jumpa di tulisan-tulisan lainnya ya.. Terima Kasih..

Share

Belum ada Komentar untuk "Apa Perbedaan Bunga dan Bagi Hasil? Lihat Tabel Berikut!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel