10 Langkah Memulai Bisnis Properti Syariah

10 Langkah Memulai Bisnis Properti Syariah
Ada banyak yang tertarik untuk terjun ke bisnis properti syariah, namun kadang banyak diantara mereka yang masih belum paham dan belum tahu apa  yang harus mereka lakukan. Apalagi jika memang mereka sama sekali belum kenal dengan bisnis properti sebelumnya.

Bagi yang sudah mengenal bisnis properti sebelumnya, mungkin hanya perlu untuk melengkapinya saja dari sudut pandang, konsep dan sistem syariah-nya saja. Sementara pemahaman tentang ilmu properti dan pengalaman lain tentang dunia properti serta segala hal yang mencakup dengannya, semuanya bisa tetap dipertahankan karena akan sangat berguna untuk menjalankan bisnis secara umum terlepas itu syariah atau bukan.
Ada beberapa langkah sebetulnya yang bisa anda coba ikuti dan juga terapkan saat akan menjalankan bisnis properti syariah ini. Apa saja  langkah-langkah yang dimaksud tersebut? sebelum ke langkah apa saja, sebaiknya anda jawab pertanyaan ‘kenapa butuh langkah-langkah itu?’ Bukan tanpa alasan bahwa dengan langkah-langkah tersebut, maka kemudian ini akan sangat membantu sekali untuk anda bisa mendapatkan hasil bisnis yang sesuai dengan panduan syariah.  Nah langsung saja, berikut adalah beberapa langkahnya tersebut:

Langkah Praktis Memulai Bisnis Properti Syariah

#Langkah 1 ‘Pelajari Apa Itu Properti Syariah?’

Langkah pertama, anda harus coba untuk pelajari tentang apa yang dimaksud dengan properti syariah. Properti syariah adalah hunian ataupun bangunan tempat usaha yang dijual sesuai pembiayaan syariah, dijalankan untuk kebutuhan syariah dan juga merupakan bagian dari proses dakwah. Anda bisa pelajari konsep bisnis properti secara umum, lalu jangan lupa berikan sentuhan syariahnya.

#Langkah 2 ’Temukan Mentor’

Cara yang selanjutnya harus anda lakukan adalah dengan menemukan mentor yang bisa membimbing anda. Mentor disini bisa saja orang yang sebelumnya expert dalam bidang properti, yang expert khusus dalam bidang syariah atau mungkin yang expert dikeduanya. Ada baiknya memang anda memilih mentor yang expert di keduanya dan memang sudah pernah menjalankan bisnis properti syariah itu.

#Langkah 3 ‘Cari Lahan’

Langkah yang kemudian selanjutnya harus dilakukan yakni dengan mencari lahan untuk pembangunan properti itu. nah lahan memang ada beragam baik di perkotaan atau di pinggir perkotaan. Biasanya kebutuhan rumah yang akan laku mudah adalah di perkotaan atau sedikit ke pinggir namun akses tetap terjangkau dan mudah. Hal itu memang butuh penyeusaian dengan beragam hal nantinya.

#Langkah 4 ‘Baca Kebutuhan’

Nah sama saja hal selanjutnya anda harus pastikan untuk membaca kebutuhan pasar. Kalau lokasinya sudah ada, maka kemudian anda diharuskan untuk melakukan studi terhadap kebutuhan sekitar akan hunian di lokasi tersebut. apa tujuannya? Tujuannya selain properti itu bisa cepat laku, juga bisa membantu memenuhi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

#Langkah 5 ‘Pilih Pendanaan’

Nah selanjutnya masuk ke pendanaan. Apakah anda akan menggunakan dana pribadi untuk membangun hunian properti tersebut atau melalui pembiayan. Jika memang modal anda terbatas, anda bisa minta bantuan pada bank namun pastikan untuk memilih bank syariah. Nah demikian juga nanti ketika akan menjualnya dengan skema kredit syariah.

#Langkah 6 ‘Pemilihan Kontraktor’

Lalu dalam pemilihan kontraktor, ini juga sangat penting. Pilih kontraktor yang bisa mengerjakan proyek dengan baik tanpa ada pengurangan kualitas sebagaimana telah ditentukan sebelumnya. Dalam lelang proyek, pastikan juga agar tidak ada suap yang dilakukan oleh pihak perusahaan kontraktor kepada pihak anda.

#Langkah 7 ‘Legalitas Tanah dan Bangunan’

Sebelum pembangunan yakin untuk dilakukan, sebaiknya pastikan kembali bahwa surat-surat sudah benar-benar siap mulai surat tanah secara keseluruhan jangan sampai itu adalah tanah sengketa. Kemudian masalah IMB dan ijin lingkungan juga dari masyarakat sekitar apakah terganggu dengan adanya pembangunan itu atau tidak.

#Langkah 8 ‘Jaring Calon Pembeli’

Langkah selanjutnya anda diharuskan untuk menjaring banyak calon pembeli dengan promosi tersendiri. Tentunya target utamanya adalah dimana anda harus memperhatikan pembeli khususnya dari ketaatan mereka terhadap syariah. Jangan sampai hunian yang anda jual malah nantinya digunakan sebagai tempat maksiat.

Langkah 9 ‘Buat Skema Penjualan Syariah’

Nah skema penjualan ini menjadi bagian yang sangat penting sekali karena akan menentukan  penjualan. Selain itu, dalam tahapan ini anda juga dituntut untuk membuat skema penjualan yang benar-benar syariah, jangan sampai melenceng dari konsep dan sistem syariah tersebut. skema yang dimaksud bisa mencakup juga tentang pembiayaan.

Langkah 10 ‘Musyawarah dengan Calon Pembeli’

Karena dalam syariah itu ada konsep suka sama suka dan negosiasi, maka kemudian sebelum ditetapkan harga, ada baiknya untuk mendiskusikan konsep yang anda tawarkan kepada mereka. Jika mencapai persetujuan baik dari penawaran harga, skema pembiayan atau lainnya, barulah kemudian jual beli dilaksanakan.

Nah demikian beberapa langkah mudah yang bisa diikuti saat anda akan terjun membuka bisnis properti syariah. Yuk Silahkan coba..
Share

Belum ada Komentar untuk "10 Langkah Memulai Bisnis Properti Syariah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel