Jenis Jenis Bank Syariah; Status, Level dan Fungsi Kerja

Jenis Jenis Bank Syariah; Status, Level dan Fungsi Kerja
Coba sebutkan jenis-jenis bank syariah di Indonesia? Mungkin anda sudah sering mendengar nama bank syariah, tapi apakah anda tahu apa saja jenis-jenisnya? Biasanya saat ditanya jenis, yang kita tahu hanya ‘nama-nama’ dari bank tersebut seperti bank muamalat, bank bri syariah, bca syariah, mandiri syariah dan lain sebagainya. Namun jawaban seperti itu jelas salah karena yang namanya ‘jenis’ itu sama sekali dengan yang disebut ‘nama’. Lalu apa saja jenis bank syariah di indonesia khususnya saat ini?
 
Nah sebelum lanjut, sebaiknya coba kita paham dulu dari aspek mendasar tentang apa itu bank syariah dan apa yang membedakan bank ini dengan bank konvensional biasa. Bank syariah adalah bank yang menggunakan sistem syariah islam sebagai sesuatu yang mengatur segala bentuk sistem kerjanya. Tentu dengan memperhatikan serta tidak mengabaikan tentang apa yang dilarang dalam aturan islam. Selama ini bank umum konvensional tidak memperhatikan hal itu. Dalam bank syariah juga menggunakan sistem akad-akad khusus yang memang sudah ada dan diajarkan sejak dulu.
 
Untuk diketahui juga bahwa saat ini di indonesia sudah banyak sekali berkembang bank-bank dengan menggunakan sistem syariah. Berdasarkan data terbaru setidaknya ada sekitar 11 bank umum syariah di indonesia. Kemudian untuk unit usaha, sekiranya ada sekitar 25 unit usaha syariah dan untun bank pembiayaan masyarakat (bpr) syariah mencapai 163 bank. Itu semua yang terdaftar dan resmi. Cukup banyak bukan?

Mengenal Jenis Jenis Bank Syariah di Indonesia

Selanjutnya kita ke jenis atau bentuk bentuk bank syariah di indonesia sejak dulu sampai sekarang. Nah dalam hal ini kita memang masuk kedalam ranah sistem yang akan memungkinkan anda untuk bisa tahu bagaimana struktur dan sistem bank syariah ini. Sebetulnya tak beda jauh dengan bank konvensional dalam struktunya, dan beberapa penjelasan lebih detail dan lengkapnya anda akan temukan dalam beberapa poin dibawah ini:

1# Jenis Bank Syariah Dilihat dari Segi Status

Nah pertama-tama jenis bank dari sistem syariah ini bisa dilihat dari sudut pandang atau pertimbangan statusnya. Sebetulnya status ini menjadi bagian penting yang memang akan membedakan bank syariah dengan yang lainnya. Dalam bank syariah, sebetulnya ada dua jenis yakni sebagai berikut:
•    Bank Devisa – Bank yang dapat lakukan aktivitas bisnis ke luar negeri dengan mata uang yang beragam, produk perbankang yang ditawarkan juga sudah begitu lengkap dan disediakan dalam beberapa bahasa.
•    Bank NonDevisa – nah kemudian yang selanjutnya adalah jenis bank yang tidak melakukan aktivitas diatas. Bisa dikatakan jika aktivitas perbankang masih dilakukan dan dikerjakan dalam level lokal saja.

2# Jenis Bank Syariah Dilihat dari Segi Level

Kemudian bank syariah juga perlu untuk dipandang dari sudut pandang level yang dimilikinya. Dalam sudut pandang level, sebetulnya bank syariah itu tak memiliki perbedaan yang cukup jauh dan cukup beda dengan bank konvensional biasa. Tak ada perombakan dalam level ini karena memang tidak memiliki hal menyimpang dari aturan syariah yang ada. nah apa saja levelnya itu? silahkan anda simak dalam poin-poin berikut:
•    Kantor Pusat
•    Kantor Wilayah
•    Kantor Cabang
•    Kantor Cabang Pembantu
•    Kantor Kas

3# Jenis Bank Syariah Dilihat dari Segi Fungsi Kerja

Nah selanjutnya kita melihat jenis dari bank syariah dari segi fungsi kerjanya. Selama ini mungkin ketika ditanya apa saja jenis bank syariah itu, maka jawabannya adalah yang ini. Padahal jenis ini hanya dilihat dari fungsi kerjanya saja. Nah apakah anda tahu apa saja jenis-jenis berdasarkan fungsi dan prinsip kerjanya itu? Berikut diantaranya:

•    Bank Umum Syariah (BUS)
•    Unit Usaha Syariah (UUS)
•    Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS)
 
Itulah informasi detail dan sistematis tentang beberapa hal yang berhubungan dengan jenis- jenis bank syariah khususnya yang berada di indonesia saat ini. Dari waktu ke waktu jumlah bank syariah memang semakin meningkat saja, semoga kedepan bisa meningkat lagi. Meningkat bukan dalam artian jumlahnya yang bertambah, namun nasabahnya juga bertambah dan layanan juga dilakukan inovasi sehingga bisa menguntungkan pada umat.
Share

Belum ada Komentar untuk "Jenis Jenis Bank Syariah; Status, Level dan Fungsi Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel