Fungsi, Tugas dan Peran Bank Syariah

Fungsi, Tugas dan Peran Bank Syariah
Namanya bank terlepas itu konvensional atau syariah, pasti memiliki fungsi, tugas dan juga peran. Kenapa? Karena itu adalah tujuan dari pembentukan bank itu sendiri. Tak mungkin lahir lembaga bank jika memang peran atau fungsinya belum jelas. Nah kalau untuk bank konvensional, mungkin kita semua sudah banyak tahu apa saja fungsinya tersebut namun jika dihubungkan dengan bank syariah, sepertinya ada yang masih bertanya-tanya, apa masih sama dengan fungsi bank konvensional atau beda? Kalau beda, dimana letak perbedaannya?

Bank syariah muncul sebagai upaya revitalisasi dari keberadaan bank konvensional yang sebelumnya ada. dalam konsep bank syariah, ada beberapa aturan prinsip dan juga sistem yang dianut berbeda baik merevisi yang sebelumnya sudah ada, menambahkan, bahkan mengganti. Tapi ada juga yang tetap dipertahankan karena itu masih dianggap sesuai dengan aturan yang ada dalam hukum islam atau syariah. Sementara yang mengalami perubahan dan penambahan biasanya ketika dalam sistem bank sebelumnya ada ketidaksesuaian dengan syariat. 

Terlepas dari semua itu, namanya fungsi dan juga tugas bank syariah memiliki beberapa perbedaan dengan bank konvensional, meski sebetulnya tidak begitu kentara perbedaannya. Nah agar lebih jelas dan detail, maka kita sepertinya perlu membahasnya dengan lebih lengkap dan mendalam dalam tulisan dibawah ini: 

Fungsi Utama Bank Syariah
Nah untuk fungsi utamanya sebetulnya tidak beda jauh dengan fungsi bank secara umum yang juga dipakai dalam sistem bank konvensional. Setidaknya ada tiga  fungsi yang dilakukan oleh jenis bank syariah itu baik oleh bank umum syariah (BUS), Unit Usaha Syariah (UUS) atau bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS). Adapun ketiga fungsi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Penghimpunan Dana dari Masyarakat – Dalam fungsi pertama ini, ada dua jenis penghimpunan dana tersebut yakni (1) titipan dengan menggunakan akad al-wadiah, dan (2) investasi dengan menggunakan akad al-mudharabah. Sementara return perngganti bunga yang bisa didapatkan oleh nasabah adalah bonus untuk al-wadiah dan bagi hasil untuk investasi dengan akad al-mudharabah.
  • Penyaluran Dana Kepada Masyarakat – Dalam penyaluran dana, sama dengan bank lainnya, pihak bank selektif dalam menentukan calon peminjam. Pihak peminjam juga harus memenuhi syarat tertentu yang sudah ditetapkan oleh bank. Adapun akad yang digunakan biasanya tersedia bermacam-macam mulai akad jual beli, sewa dan lainnya.
  • Pelayanan Jasa Perbankan – nah yang selanjutnya adalah jasa perbankan. Ini berbentuk pelayanan dimana pihak bank akan mendapatkan imbalan atas pelayanan yang diberikan tersebut kepada para nasabahnya. 
Tugas Bank Syariah
Kemudian untuk tugasnya, sebetulnya ini lebih mengarah kepada pengelolaan disamping dengan fungsinya tersebut. tentu dalam proses penghimpunan dana, penyaluran dana dan juga pelayanan jasa perbankan mereka haruslah sesuai dengan ketentuan-ketentuan khusus yang memang ada dalam aturan syariah islam. Nah untuk tugasnya sebetulnya ada beberapa tugas yang perlu dilakukan oleh bank syariah yakni sebagai berikut:
  • Fungsi Manajer Investasi 
  • Fungsi Investor
Peran Bank Syariah
Nah untuk peran bank syariah, sebetulnya ini mengarah pada sesuatu hal yang berada diluar dari sistem dan institusi. Bisa juga disebutkan bahwa peran ini mengarah pada tujuan jauh dari keberadaan bank syariah ini di masyarakat. Bank syariah ini memiliki peran yang lebih jauh dibanding dengan bank konvensional biasa. Adapun yang menjadi peran bank syariah itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Peran menyejahterakan umat
  • Peran kepedulian terhadap sosial
Nah demikian informasi yang bisa saya coba jelaskan mengenai apa saja yang menjadu fungsi, tugas dan peran dari bank syariah. Selebihnya mungkin, anda bisa explore sendiri dari banyak sumber yang tersedia lainnya. Semoga kedepan bank syariah bisa memberikan layanan yang lebih maksimal lagi dan membedakan jauh dari keberadaan dan peran yang diberikan bank konvensional pada umumnya.
Share

Belum ada Komentar untuk "Fungsi, Tugas dan Peran Bank Syariah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel