Dasar Falsafah & Filosofi Asuransi Syariah

Dasar Falsafah & Filosofi Asuransi Syariah
Asuransi syariah muncul sebagai gerakan reformis atas keberadaan sistem asuransi yang dianggap tidak sesuai dengan aturan hukum islam atau syariah. Memang sudah menjadi ciri khas dari yang namanya hukum syariah, ia akan selalu datang untuk menunjukan manusia pada jalan yang lurus. Demikian juga dalam asuransi, asuransi syariah atau biasa disebut dengan takaful ini menyuguhkan konsep asuransi yang lebih humanis dan berkeadilan yang lebih mengedepankan tolong menolong ketimbang sebuah bisnis.

Bagi yang masih awam akan asuransi syariah, setidaknya sangat penting sekali untuk bisa memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu. salah satu diantaranya adalah dengan coba memahami tentang filosofi asuransi syariah. Kita harus berpikir secara radic dan juga terstruktur, karena itulah muncul yang namanya konsep filsafat. Nah demikian juga dalam asuransi, penting sekali untuk memperkuat fondasinya terlebih dahulu sebelum memahami secara menjelimet tentang beragam hal yang berhubungan dengan asuransi takaful ini.

Falsafah Asuransi Syariah

Sebetulnya asuransi syariah ini berfalsafah dari al-qur’an dan hadis. Hanya saja memang ada beberapa filosofi saja yang diambil karena disesuaikan dengan konsep asuransi yang sudah ada sebelumnya. Lalu, apa saja sih filosofoinya itu? kalau begitu mari kita bahas penjelasan lebih detailnya dibawah ini:

Filosofi 1# Tauhid

Apa itu tauhid? Tauhid secara makna terminologi artinya adalah mengesakan allah. Adapun tauhid memiliki beberapa jenis diantaranya ada tauhid ubudiah yakni semata-mata hanya menyembah allah saja tak ada yang lain. Kemudian tauhid uluhiyah yakni mengesakan allah dengan mengimani zat dan sifatnya, dan tauhid rubudiah yakni mengesakan allah bahwa dialah sang pemelihara. Apa tujuan tauhid ini? Tujuannya adalah iman dan takwa. Apa hubungannya dengan asuransi? Anda harus lakukan setiap hal dalam asuransi untuk kepentingan atau didasarkan pada tauhid untuk meningkatkan iman dan takwa.

Filosofi 2# Tolong Menolong
Filosofi yang selanjutnya yang dijadikan acuan atau landasan adalah saling menolong. Kenapa sih harus saling menolong? Pada prinsipnya manusia itu adalah zoon policon atau mahluk sosial yang tak bisa lepas dari orang lain. Kita hidup saling membutuhkan apalagi dalam islam disebutkan bahwa inamal mu’minuna ihwatun’ yakni sesama muslim itu bersaudara. Kalau bersaudara, maka sudah seharusnya untuk saling bantu. Namun saling bantu dan tolong menolong itu, hanya sebatas dalam kebaikan saja. 

 وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ
“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.” (QS Surat Al-Ma'idah Ayat 2)

Filosofi 3# Takaful dan Ta’min
Dalam bahasa arab biasanya istilah asuransi disebut dengan takaful yang artinya adalah saling melindungi. Kemudian ada juga ta’min yang artinya adalah saling menanggung. Nah ini juga menjadi landasan dari penerapan konsep asuransi syariah dalam islam. Sesama keluarga muslim, maka sebaiknya ukhuah persaudaraan di tingkatkan sehingga ada rasa untuk saling melindungi dan juga saling menanggung beban hidup. Yang kaya melindungi yang miskin, yang kuat melindungi yang lemah, demikian kiranya pesan yang disiratkan dari asuransi syariah ini. 

Dari filosofi diatas, dapat kita lihat bahwa asuransi syariah ini muncul memang untuk mengiplementasikan nilai nilai islami yang sudah tertuang dalam Qur’an dan juga hadis. Itu adalah pegangan yang harus dipegang teguh oleh seluruh umat islam dengan tujuan agar bahagia di dunia dan selamat di akhirat. Di dunia kita harus saling tolong menolong, membantu, melindungi dan menanggung anatar sesama keluarga muslim semata mata tiada lain untuk mengharap ridha allah swt dan untuk meningkatkan kualitas keiamanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt.
Share

Belum ada Komentar untuk "Dasar Falsafah & Filosofi Asuransi Syariah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel