Daftar Provinsi dengan Destinasi Wisata Syariah

Daftar Provinsi dengan Destinasi Wisata Syariah


Beberapa tahun tertakhir di indonesia, sesuatu yang berhubungan dengan konsep syariah sangat erat dan kian diminati. Bahkan perkembangannya sungguh terjadi sangat pesat mulai dari bank syariah, asuransi, properti, pembiayan dan bahkan ada juga wisata syariah. 

Nah mengenai wisata syariah di indonesia, potensinya cukup besar karena memang indonesia dianggap mampu menyajikan wisata tersebut. wisata syariah yang dimaksud bukan dalam artinya wisata ke makam atau kuburan, bukan itu. kalau wisata seperti itu namanya ‘wisata religi’, dan itu bisa saja masuk dalam salah satu jenis wisata syariah selama memenuhi  aturan-aturan dalam hukum islam.

Potensi wisata syariah juga tidak hanya ditujukan untuk kalangan masyarakat lokal saja yang sebagaimana diketahui bahwa sebagian besar penduduk indonesia adalah muslim. Melainkan juga bisa sangat potensial untuk menjerat pangsa pasar wisatawan yang datang dari luar negeri khususnya daerah timur tengah dan arab saudi yang memang mereka adalah orang-orang muslim. 

Dengan disajikannya wisata syariah, maka kemudian diharapkan ada peningkatan volume  wisman yang datang sehingga berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di sekitar lokasi wisata.

Daftar Provinsi Destinasi Syariah

Pada tahun 2015, kementerian pariwisata menyusun tim untuk melakukan pengembangan pariwisata syariah ini di beragam wilayah di indonesia. Setelah dilakukan pengembangan, kemudian setidaknya ada 13 provinsi yang memang sudah siap untuk mengembangkan konsep wisata syariah tersebut. nah dalam kesempatan ini, saya akan list beberapa nama dari provinsi tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Nusa Tenggara Barat (NTB)
  2. Nangroe Aceh Darussalam
  3. Sumatera Barat
  4. Riau
  5. Lampung
  6. Banten
  7. DKI Jakarta
  8. Jawa Barat
  9. Jawa Tengah
  10. Yogyakarta
  11. Jawa Timur
  12. Sulawesi Selatan
  13. Bali

Dari semua daerah yang ada diatas, manakah yang sudah memiliki banyak lokasi wisata syariah.? Mungkin itu yang ingin anda tanyakan karena ingin tahu info  spesifik sehingga bisa datang ke  lokasi datang dengan sangat mudah sekali. Nah ada beberapa daerah yang sudah sangat spesifik seperti di NAD dimana disana memang sistem pemerintahannya sudah islami. 

Kemudian juga ada NTB dimana disana ada banyak pesantren dan gubernurnya adalah lulusan kairo yang sangat islami sekali selama dua periode. Selain provinsi itu, beberapa provinsi lain juga memang sudah memiliki beberapa penawaran lokasi syariah yang memang sudah lengkap.

Nah jika provinsi anda masuk dalam salah satu yang siap, maka  jangan dulu berpergian ke lokasi provinsi lain, cobalah cari di sekitar anda. Selain itu, cobalah juga untuk populerkan lokasi itu agar kemudian banyak memberikan keuntungan untuk anda. Dengan cara begitu juga, maka anda akan tahu apa saja kelebihan dan keuntungan yang bisa didapatkannya dari destinasi wisata syariah indonesia itu.
Share

Belum ada Komentar untuk "Daftar Provinsi dengan Destinasi Wisata Syariah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel