Inilah Bank Digital Pertama di Indonesia

Inilah Bank Digital Pertama di Indonesia
 
Kali ini kita akan berbicara tentang bank digital pertama di indonesia. Perkembangan infrastruktur digital di indonesia memang sudah sangat lengkap dan bisa diimplementasikan untuk beragam sektor termasuk juga lembaga keuangan baik bank dan non bank. Seharusnya industri perbankan merespon perkembangan itu dengan sigap apalagi melihat pengguna media berbasis digital internet di indonesia sudah meningkat secara signifikan. Tahun 2016 lalu, pengguna internet indonesia sudah mencapai setengah penduduk indonesia lebih. Masyarakat jaman sekarang sudah terbiasa dengan hal yang berbau internet digital, dan seharusnya industri perbankan dan lainnya memahami akan hal itu. 

Nah faktanya ternyata tidak semua bank bisa menyerap itu sebagai peluang. Mereka saya pikir menyadari akan perlunya berinovasi dan berpindah dari konvensional ke digital hanya saja respon yang dilakukan sangat lamban sekali. Nah tentu kalau tak direspon segera, yang ada malah ketinggalan jaman dan ditinggalkan oleh para nasabahnya. Mereka yang bisa berinovasi dengan cepat dan kreatif, dialah yang akan menjadi pemenangnya. Untuk kasus indonesia sendiri, ada satu bank yang paling pertama menyesuaikan digitaliasi pada bank dan kemudian layak disebut sebagai digital bank pertama di indonesia. 

Paham Akan Kebutuhan Konsumen di Era Digital
Bank yang berinovasi di dunia digital tentunya harus paham dulu akan kebutuhan konsumen. Apa yang dibutuhkan konsumen di era digital? Tentu yang dibutuhkan konsumen di era ini bukan lagi prosedur-prosedur dan aplikasi jadul yang masih konvensional. Masyarakat digital membutuhkan hal-hal yang sudah serba digital karena dipercaya bisa lebih mudah dan praktis dibanding yang konvensional. Dalam hal ini pihak bank seharusnya bisa mengevaluasi aplikasi dan prosedur yang ada sehingga bisa memenuhi kebutuhan konsumen di era ini. 

Menawarkan Solusi Inovatif..
Setelah mengetahui masalah yang terjadi di dunia perbankan, kemudian pihak bank harusnya bisa menawarkan solusi yang penuh inovatif. Solusi yang ditawarkan itu tentu disesuaikan dengan zama dan segala hal yang melekat padanya. Solusi yang ditawarkan di era digital ini tentu harus yang berbau dan berhubungan semuanya dengan dunia digital pula. Dengan cara demikian, maka solusi yang dotawarkan akan dianggap relevan dengan jaman dan akan menjadi ‘booming’ karena diperlukan oleh banyak orang. 

Semua itu yang Dilakukan oleh ‘Jenius’
Tak disangka memang, bank BTPN yang notabene sebelumnya hanya mengurusi masalah dana pensiunan kemudian menjelma menelurkan sebuah konsep digital bank yang diberi nama ‘JENIUS’. Ya, jeniius ini diklaim sebagai digital bank pertama di indonesia yang menerapkan sistem digital secara penuh dalam setiap produk yang ditawarkan dan beragam prosedur aplikasi lain yang biasa dilakukan. 

“Penelitian kami menunjukkan bahwa orang yang cerdas secara digital menginginkan pengalaman perbankan yang sederhana, cerdas, dan aman, di mana semuanya dapat dilakukan melalui ponsel cerdas. Sebagai bank yang memiliki visi untuk membuat perbedaan dalam kehidupan jutaan orang di seluruh Indonesia, BTPN telah menjawab tuntutan tersebut melalui Jenius," kata Direktur Utama BTPN, Jerry Ng.
Nah apa saja yang ditawarkan oleh jenius? Nah berikut adalah beberapa kelebihan yang saya ketahui selama ini tentang jenius ini: kedepan sepertinya akan lebih banyak lagi kelebihan yang ditawarkan selain beberapa kelebihan tersebut:
  • Buka rekening secara online; anda hanya perlu install aplikasi jenius di smartphone, kemudian isi data untuk buka rekening secara online juga. Anda harus foto diri sambil pegang ktp secara online juga..
  • Panggil crew jenius lewat aplikasi; nah untuk mengaktifkan rekening anda, anda tak harus datang ke bank karena anda bisa panggil crew BTPN di sekitar lewat apps tersebut. kenapa harus verifikasi offline? Karena saat ini pihak OJK mengharuskan proses itu tidak sepenuhnya online.
  • Bisa kirim uang ke email atau nomor handphone; kok bisa? Ya bisa, karena nanti si penerima uang harus membuka situs dan mengisi no rekening tujuan sendiri.
  • Kirim uang pake cashtag $; semacam nama yang bisa kita buat sendiri, tujuannya agar gak mudah lupa kalau harus ingat nomor rekening,,
  • Split Bill; kalau habis nongkrong bareng kemudian ngopi, lalu nanti bill-nya bisa ditagihkan ke tiap orang. Jadi gak ada yang gak bayar..
  • Pay me; bisa minta atau nagih bayaran ke siapa saja..
Nah itulah beberapa kelebihan yang saya tahu. Selain itu emmang masih banyak keuntungan dan kelebihan lain yang ditawarkan.. Nah semoga kedepan ini diikuti oleh bank-bank lainnya terutama yang syariah agar tak jauh ketinggalan dalam hal persaingan. Kenapa? Karena kini kita tidak lagi perlu bank melainkan perbankan.. Jadi perbankan yang sebaiknya harus dijadikan acuan khusus untuk masa depan yang lebih baik..
Share

Belum ada Komentar untuk "Inilah Bank Digital Pertama di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel