Apa Itu Fintech Syariah?

Apa Itu Fintech Syariah?
Fintech syariah adalah kombinasi inovasi di bidang financial (keuangan) dan technology (teknologi) dalam memudahkan proses transaksi dan investasi yang didasarkan pada nilai-nilai hukum islam (syariah).  Fintech ini terhitung masih baru khususnya di indonesia, namun perkembangannya sungguh sangat cepat seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi.  Islam yang memiliki sumber hukum syariah tentunya diharuskan mengatur aktivitas fintech itu, maka kemudian hadirlah konsep ‘fintech syariah’.

Perkembangan dunia teknologi yang dimulai sejak lama memang telah merubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Kemunculan fintech sendiri dimulai semenjak ditemukannya blockchain dan cryptocurrency. Teknologi tersebut memungkinkan untuk melakukan transaksi digital, pembuatan mata uang digital serta penyimpanan yang sangat aman untuk digunakan dalam jangka waktu panjang. Kini kedua teknologi tersebut membentuk fintech yang mana kini sudah banyak digunakan baik di dunia perbankan, atau lainnya.

Perkembangan fintech ini akan menjadi salah satu pembentuk ekosistem ekonomi digital. Ekonomi digital sendiri akan terbentuk jika disokong oleh dua hal yakni cashless society dan kemudian financial inclusion. Lebih detail penjelasan ini akan saya bahas dalam beberapa tulisan selanjutnya yang memang akan lebih mendalam dan detail. Anda bisa pelajari dengan baik pembahasan keuntungan fintech dalam dua hal itu nanti..

Kenapa Harus Fintech Syariah?

Nah kemudian yang jadi pertanyaan adalah kenapa harus ada fintech syariah? Karena memang indonesia itu bukan negara islam melainkan negara muslim, maka sistem yang digunakan masyarakatnya juga tidak sepenuhnya syariah. Ada sistem ekonomi kafitalis yang digunakan dan sebagian diantara sistem itu ada yang tidak sesuai dengan aturan hukum islam seperti adanya riba dan lainnya. Nah maka dari itu, syariah hadir sebagai pengatur untuk menunjukan para umat islam ke jalan yang benar.

Demikian juga dalam fintech, syariah harus hadir untuk meredecorate sistem fintech yang sudah ada sehingga bisa sesuai dengan aturan yang ada dalam hukum islam (syariah). Bahkan jika perlu dan SDM syariah mumpuni, bisa saja menciptakan konsep dengan portofolio fintech syariah secara khusus yang nantinya bisa dikembangkan dengan baik.

Apa Saja Jenis Fintech Syariah Itu?

Lalu pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah tentang apa saja jenis dari fintech syariah itu? nah sebetulnya ini mengikuti dari jenis fintech umum yang selama ini memang sudah ada, namun yang membedakannya ada pada aturan dan skemanya saja. Namun secara keseluruhan memang ada beberapa jenis fintech yakni:
  • CrowdFunding – artinya adalah pembiayaan masal dan kebanyakan dalam konsep syariah adalah untuk kebutuhan amal (patungan). Di indonesia memang untuk sampai saat ini belum ada yang mengatas namakan crwodfunding syariah, namun Kitabisa.com salah satu contoh yang umum namun bisa juga kalau mau pakai akad syariah.
  • Peer to Peer Lending – nah ini adalah fintech selanjutnya yang berfungsi untuk menemukan antara calon peminjam dengan pemberi pinjaman dalam sebuah aplikasi khusus. Di indonesia sudah ada beberapa P2P syariah ini, dan lebih detail akan saya jelaskan dan sampaikan pada artikel khusus nantinya.
  • Market / Financial Agregator
  • Equity Crowdfunding
  • Risk and Investment Management
Nah itulah kiranya apa yang bisa saya jelaskan tentang apa yang dimaksud dengan definisi atau apa itu fintech. Nah jawabannya sudah saya jelaskan diatas, silahkan anda simak dan temukan informasi penguatnya di halaman lain.
Share

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Fintech Syariah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel